October 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Nasihat Ibnu Taimiyah tentang Kecantikan dan Ketampanan

3 min read

JAKARTA – Ulama Ibnu Taimiyah menasihatkan kepada kaum wanita tentang kecantikan. Apa nasihat tentang kecantikan dan ketampanan dari Ibnu Taimiyah tersebut?

Jutaan pound dihabiskan setiap tahun oleh orang-orang pada produk kecantikan di seluruh dunia dengan harapan untuk meningkatkan kecantikan mereka atau menghapus beberapa fitur yang tidak diinginkan yang mungkin ada di wajah dan bagian tubuh lainnya. Tekanan untuk membelanjakan produk kecantikan di usia ini lebih tinggi dari sebelumnya.

Secara tradisional, kaum wanita lah yang menghabiskan waktu berjam-jam mencari produk kecantikan yang mengubah hidup ‘benar’ (tetapi kenyataannya tidak ada dari mereka yang benar-benar berhasil), namun, sekarang, gagasan tentang pria “metroseksual” telah mendapat persetujuan global, dengan mayoritas konsumen di seluruh dunia setuju bahwa laki-laki diperbolehkan menghabiskan waktu dan uang untuk mempercantik penampilan mereka.

Meskipun membeli produk kecantikan diperbolehkan, sebagai Muslim kita diajarkan bahwa kecantikan berasal dari dalam, secara harfiah!

Nasihat tentang kecantikan juga diberikan para ulama. Mereka telah menyebutkan dalam tulisannya bahwa ketika seseorang melakukan dosa terhadap Allah dan orang itu gigih dan bersikeras pada dosa wajahnya menjadi gelap. Hal yang sebaliknya juga benar, ketika seseorang bertakwa kepada Allah dan bertekun di jalan Allah, wajahnya diterangi dengan cahaya iman (iman).

Jadi meskipun merek produk kecantikan terkemuka mungkin mencoba dan membuat orang percaya bahwa cantik bisa diciptakan dengan kosmetik, tetap saja, ketika seseorang melakukan dosa, wajah mereka akan menjadi gelap.

Pada kenyataannya, hanya mereka yang berada di atas kebenaran dan menaati Taqwa kepada Allah lah yang mendapatkan cahaya bersinar di wajahnya, yakni cahaya iman. Hanya orang-orang beriman yang menghargai dan membedakan cahaya ini.

 

Nasihat tentang kecantikan dari Ibnu Taimiyah

Syekh Ibn Taymiyyah pun memberikan nasihat tentang masalah ini. Beliau mungkin tidak memberikan tips kecantikan langsung kepada orang-orang, namun ini adalah nasihat kecantikan terbaik dan paling sehat yang bisa diberikan.

Berikut nasihat tentang kecantikan yang diberikan oleh Imam Ibnu Taimiyah:

“Orang yang bertakwa dan jujur, kejujurannya tampak dari pancaran sinar di wajahnya, dan kejujurannya dapat diketahui dari pancaran sinar di wajahnya, begitu pula orang yang berdosa dan pendusta. Semakin tua seseorang, semakin terlihat tanda ini. Dengan demikian seseorang pada waktu kecil akan memiliki wajah yang cerah, namun jika dia menjadi orang berdosa, bersikeras melakukan dosa, pada tahap yang lebih tua dalam hidupnya, wajah jelek akan menunjukkan apa yang biasa dia internalisasi, dan sebaliknya juga. benar.

Diriwayatkan bahwa Ibnu Abbas berkata:

“Sesungguhnya taqwa itu menerangi hati, menyinari wajah, menguatkan badan, menambah rezeki, dan menumbuhkan cinta di hati makhluk kepada orang itu. Sedangkan kemaksiatan menggelapkan hati, memutih wajah, melemahkan badan, dan menimbulkan kebencian di hati ciptaan terhadap orang tersebut.”

Ada kemungkinan bahwa seseorang tidak sengaja berbohong; Bahkan bisa jadi dia adalah orang yang rajin beribadah dan memiliki zuhd (menjauhi kesenangan hidup yang halal). Namun dia memiliki `aqidah yang salah dan salah tentang Allah, dien-Nya atau Rasul-Nya atau hamba-hamba-Nya yang saleh. Dan apa yang ada di dalam mempengaruhi apa yang ada di luar. Dengan demikian, `aqidah (keyakinan dan amalan yang salah) yang dianggap benar dan benar ini tercermin di wajahnya, dan wajahnya akan gelap sesuai dengan tingkat kebatilan yang dimilikinya.

Sebagaimana diriwayatkan bahwa `Utsman bin Affan berkata:

“Tidak ada yang menyembunyikan kejahatan dalam diri mereka kecuali bahwa Allah membuatnya nyata dari pandangan wajahnya dan pernyataan yang diucapkan lidahnya.”

Oleh karena itu sebagian salaf biasa berkata:

“Jika seorang bid’ah mewarnai janggutnya setiap hari, pewarna bid’ah akan tetap ada di wajahnya.”

Pada Hari Pembalasan ini akan menjadi sangat jelas sebagaimana Allah berfirman”

“Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berdusta terhadap Allah mukanya menjadi hitam. Apakah di Neraka tidak ada tempat tinggal bagi orang-orang yang sombong?” (QS Az Zumar: 60)

Dia juga berkata:

“Pada hari dimana sebagian wajah menjadi putih dan sebagian wajah menjadi hitam; Adapun orang-orang yang wajahnya menjadi gelap (kepada mereka akan dikatakan): “Apakah kamu menolak Iman setelah menerimanya? Maka rasakanlah siksaan karena mengingkari Iman.” (QS Ali Imran: 106)

Ibnu Abbas dan lain-lain telah mengatakan tentang ayat ini.

“Wajah yang cerah akan menjadi ahlus-sunnah, dan wajah yang gelap akan menjadi orang-orang bid’ah dan perpecahan.”`(Al-Jawab As-Sahih’, Vol.4, hal. 306-307)

Jadi Anda ingin mendapatkan tampilan cantik dan bercahaya yang sesungguhnya, takwa adalah kuncinya. []

Sumber Muslim Matter

Advertisement
Advertisement