July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Olahraga Rutin Dapat Melawan Depresi

2 min read

JAKARTA – Salah satu cara mengatasi atau meminimalisir depresi adalah dengan olahraga. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa alasan.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa olahraga benar-benar mampu mengatasi depresi dan membuat kamu tidak mudah mengidap gangguan mood tersebut.

Pada penelitian ini, para peserta penelitian yang aktif melaporkan bahwa mereka memiliki lebih sedikit gejala depresi dibandingkan dengan peserta penelitian lain yang memiliki gaya hidup tidak aktif, di mana perbaikan gejala akan semakin tampak jika mereka sering berolahraga.

Bahkan para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang awalnya tidak aktif berolahraga dan baru mulai berolahraga 3 kali seminggu dapat menurunkan risiko terjadinya depresi hingga 19 persen.

Dari penelitian ini, para peneliti menduga hal ini mungkin merupakan suatu hubungan tidak langsung dengan cara mengalihkan perhatian kamu dari situasi yang tidak menyenangkan atau dengan mempengaruhi diet atau paparan sinar matahari pada penderita.

Namun, para penelitian juga memiliki dugaan lainnya yaitu bahwa olahraga mungkin bekerja secara langsung pada otak.

Lantas, apa saja alasan sampai olahraga dapat mengatasi depresi?

Melansir idntimes.com dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan olahraga dapat membantu melawan depresi dan meningkatkan kesehatan mental:

 

  1. Mengurangi stres

Menurut studi dalam jurnal Frontiers in Physiology tahun 2014, olahraga dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol. Dengan begitu, rutin olahraga bisa membantu kita mengelola stres mental dan emosional sehari-hari, dan ini mungkin akan membuat lebih mudah untuk mengatasi beberapa gejala depresi.

 

  1. Meningkatkan hormon penambah suasana hati

Seperti dijelaskan dalam laman Frontiers in Physiology tahun 2016, saat berolahraga, otak kita melepaskan neurotransmiter. Penguat suasana hati kimiawi ini—seperti endorfin, serotonin, dan endocannabinoids—dapat membantu mendongkrak semangat.

 

  1. Merangsang pertumbuhan sel saraf yang dapat meredakan depresi

Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke otak dan mendukung neuroplastisitas. Neuroplastisitas memungkinkan sel-sel otak Anda tumbuh dan membuat koneksi baru. Berdasarkan laporan dalam jurnal PNAS tahun 2011, ini menjelaskan kenapa olahraga dapat membantu pertumbuhan sel-sel saraf di hipokampus.

Hipokampus, yang membantu segala hal mulai dari ingatan hingga pengaturan suasana hati, mungkin lebih kecil pada orang yang mengalami depresi.

 

  1. Meningkatkan harga diri

Beberapa studi menemukan bahwa rutinitas kebugaran dapat membantu siapa pun, termasuk orang-orang yang mengalami depresi, dalam meningkatkan harga diri mereka.

Kebiasaan sehat ini memberikan pelampiasan stres dan dapat meningkatkan kepercayaan diri pada kemampuan diri sendiri.

 

  1. Mengalihkan perhatian dari pikiran negatif

Hal positif lainnya tentang berolahraga adalah olahraga dapat mengalihkan perhatian, meskipun untuk sementara, dari pikiran dan perasaan depresi, menurut studi dalam jurnal Maturitas tahun 2017.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin bisa menjadi waktu bagi kita untuk menenangkan pikiran dan melibatkan tubuh.

 

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Berolahraga dapat meningkatkan energi pada siang hari dan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, menurut temuan studi dalam jurnal European Journal of Clinical Investigation tahun 2020.

Menjaga kualitas tidur itu penting karena kurang tidur dapat meningkatkan risiko depresi, dan pada gilirannya dapat menyebabkan masalah tidur.

Nah, itulah beberapa alasan olahraga bisa menjadi solusi untuk melawan depresi yang kamu alami. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement