January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Patut Diwaspadai, di Indonesia Terdapat Enam Gunung Berapi Aktif Dibawah Laut

2 min read

JAKARTA – Gunung berapi bukan saja terdapat di daratan sebuah pulau. Namun gunung berapi juga bisa terdapat di bawah laut, bahkan hingga dasar kedalaman ribuan meter.

Sebagai kawasan cincin api yang dilewati dua jalur gunung berapi, Indonesia memiliki enam gunung berapi aktif yang terdapat dibawah laut dimana gunung tersebut merupakan gunung aktif yang pernah erupsi beberapa tahun silam.

Keberadaan Gunung api di bawah laut ini patut diwaspadai, menyusul erupsi gunung Tonga di Pasifik Selatan yang telah memicu tsunami besar, dan disebut sebagai ledakan terbesar dalam sejarah. Ledakan gunung itu menghancurkan 90 persen pulau Tonga.

Berikut daftar 6 gunung di bawah laut yang berada di Indonesia seperti menurut PVMBG:

 

  1. Hobal

Lokasi di kecamatan Atedai kabupaten Flores bagian Timur, Nusa Tenggara Timur, pulau Lembata.

Ketinggian gunung Hobal dari dasar laut tidak diketahui. Aktif terakhir pada tahun 1999, saat itu terdapat hembusan asap putih yang keluar dari permukaan laut setinggi kurang lebih 100 meter.

 

  1. Banua Wuhu

Banua Wuhu adalah gunung api bawah laut yang terletak di sebelah barat pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 400 meter dari dasar laut dan puncaknya berada di kedalaman 5 meter di bawah permukaan air.

Aktivitas terakhir  :

2 Februari 1919 keluar lava

2 April 1919 keluar lava dan erupsi eksplosif, air laut pasang, ledakan-ledakan hebat yang menyebabkan kerusakan pohon-pohon kelapa dan membakar 25 rumah penduduk 3 April 1919 terjadi erupsi dengan gumpalan awan membual setinggi 4-5.000 meter disertai erupsi hebat.

 

  1. Submarine Volcano 1922

Terletak di kepulauan Sangir Talaud Sulawesi Utara. Ketinggian diperkiraan 5.000 meter dari dasar laut. Aktivitas terakhir pada tahun 1922, setelah terjadi rentetan gempa sejak tahun 1912 yang tercatat 3 kali gempa submarin dengan episentrum yang terdapat di antara Mindanau dan Kep Sangir Talaud.

 

  1. Nieuwerkerk

Nieuwerkerk adalah gunung berapi bawah laut di Laut Banda, Indonesia. Bersama gunung berapi Emperor of China, keduanya membentuk punggung gunung bernama NEC di dasar laut. Punggung NEC terbentuk di kedalaman antara 3.100–2.700 meter di bawah permukaan laut.  Aktivitas terakhir gunung ini yakni tahun 1927 lalu.

 

  1. Yersey

Yersey adalah gunung berapi bawah laut di Indonesia. Itu terdaftar sebagai gunung berapi aktif di peta laut tua di lokasi di selatan Cekungan Banda. Selama survei tahun 1929, gunung berapi itu terlihat pada kedalaman 3.800 m di sepanjang punggung bukit yang membentang dari Batu Tara sampai Gunungapi Wetar. Aktivitas tidak diketahui, namun pada catatan peta laut kuno di tempat ini terdapat deretan seperti terumbu karang yang disebut Yersey.

 

  1. Emperor of China

Emperor Of China adalah sebuah gunung api bawah laut di sebelah barat Laut Banda, Indonesia. Gunung api ini adalah bagian dari rangkaian gunung api Nieuwerkerk, yang secara ilmiah dikenal dengan gugusan Emperor of China–Nieuwkerk, dengan lokasi berada di kedalaman 3.100–2.700 meter di bawah permukaan laut. Aktivitas terakhir gunung ini yakni tahun 1927. []

Advertisement
Advertisement