April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Penghapusan Pertalite di Tahun 2024 Berpotensi Bakal Picu Gejolak

1 min read

JAKARTA –  Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyatakan bahwa rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite akan memicu gejolak di masyarakat.

Pasalnya kata dia, dari hilangnya BBM bersubsidi, maka secara otomatis akan meningkatkan harga bahan pokok.

Dia berpendapat, akan bahaya jika pemerintah memaksa tetap menghilangkan Pertalite tahun depan.

“Ini tentu bahaya ya, di tengah masyarakat sedang susah, menderita, banyak yang nganggur, susah mencari makan, Pertalite justru dihapus dari Pertamina,” kata Ujang seperti melansir rmol.id, Kamis (31/08/2023).

“Tentunya ini akan membuat gejolak di masyarakat,” imbuhnya.

Penghapusan BBM subsidi jenis Pertalite akan memberikan efek domino.

Dengan menghilangkan Pertalite, kebutuhan bahan pangan akan tinggi dan memantik kenaikan harga di pasaran, hal ini akan berdampak buruk bagi masyarakat.

“Karena, akan memicu kenaikan harga-harga, bukan hanya kenaikan transportasi, tapi harga bahan-bahan pokok semuanya akan naik, dan itu menjadikan rakyat menderita,” tutupnya.

Berdasarkan rencana pemerintah, Pertalite yang memiliki RON 90 akan digantikan dengan Pertamax Green 92. Jika penghapusan diterapkan, maka Pertamina hanya akan menjual tiga jenis BBM, yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

Pertamina mengklaim, rencana tersebut untuk mengimplementasikan ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengharuskan BBM yang beredar minimal RON 91. []

Advertisement
Advertisement