June 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Perampok 600 Roll Tissue Saat Panic Buying Setahun yang Lalu Akhirnya Divonis Penjara

1 min read
Perampokan tissue di wellcome supermarket mongkok februari 2020 (Foto thestandart.com.hk)

Perampokan tissue di wellcome supermarket mongkok februari 2020 (Foto thestandart.com.hk)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Sekelompok pria bersenjata yang mencuri ratusan gulungan tisu toilet pada awal pandemi virus corona di Hong Kong, divonis hukuman penjara lebih dari tiga tahun, pada Kamis (11/03/2021) kemarin. Mereka melakukan aksinya ketika terjadi kekurangan tisu toilet akibat orang-orang melakukan aksi borong.

Mengutip pemberitaan Mingpao, ketiga pria itu masing-masing diganjar hukuman penjara 40 bulan karena merampok 600 gulung tisu toilet dengan membawa senjata tajam.

Tisu toilet menjadi barang paling dicari di Hong Kong yang padat penduduk Ketika virus corona pertama kali menyebar dari China daratan dan melanda pusat keuangan itu.

Pembelian karena panik (panic buying) melanda Hong Kong saat itu hingga menyapu bersih barang-barang kebutuhan rumah tangga dan sembako dari rak-rak di sejumlah supermarket.

Supermarket tidak bisa dengan cepat menambah barang yang kadang berakibat antrean panjang di seluruh bagian kota dan tisu toilet habis dalam hitungan menit saat toko dibuka.

Dalam perampokan itu, ketiga pria mengakui bahwa mereka menggunakan pisau untuk mengancam supir yang mengantar barang, di luar sebuah jaringan supermarket besar di distrik Mongkok.

Mereka berhasil kabur membawa 50 kardus kertas toilet senilai 1.700 dollar Hong Kong atau setara Rp 3,15 juta.

Mingpao melaporkan komplotan tiga orang itu mengakui perampokan tersebut, meminta maaf kepada supir, dan membayar semua tisu toilet yang mereka rampok.

Mengutip hakim sidang, koran itu melaporkan, kejahatan itu direncanakan and patut mendapat hukuman. []

Advertisement
Advertisement