November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pilu, Tak Dapat Kamar, Tak Ada Ruang di Rumah Majikan, PRT ini Sholat di Toilet

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Bekerja menjadi pekerja rumah tangga (PRT), seringkali dihadapkan pada situasi beradaptasi pada hal-hal baru di rumah majikannya. Banyak yang mengaku bisa melewati proses adaptasi tersebut dengan lancar tanpa kendala, namun banyak juga yang mengaku sulit melewatinya lantaran alasan-alasan tertentu.

Seorang pengguna TikTok dengan nama akun @miyaa221 curhat tentang pekerjaannya sebagai pekerja rumah tangga (PRT). Pekerjaan tersebut membuatnya jadi sulit untuk beribadah.

Dia mengatakan bahwa tidak ada ruangan yang bisa dipakai untuk melaksanakan salat karena apartemen sang majikan kecil. Dia sendiri bahkan tidak memiliki kamar tidur. Kondisi tersebut membuatnya terpaksa salat di dalam WC.

“Aku jarang sekali sholat. Selama aku kerja di sini, cuma subuh yang bisa aku laksanakan karena gak bisa dan bingung salat dimana. Karena kalau salatnya di ruang tamu depan TV gak mungkin karena mereka duduk disana,” tulis ART tersebut dalam keterangan videonya.

Meski ia tahu salat di kamar mandi adalah hal yang tidak layak, namun ia tak punya pilihan lagi. Sebab, ia selalu merasa bersalah jika meninggalkan salat. Karena itulah ia selalu berusaha bagaimana caranya agar bisa tetap salat.

Sebelum salat, ia selalu membersihkan ruangan tersebut. Setelah itu, ia baru meletakkan selimut dan meletakkan sajadah di atasnya.

“Allah maha meliaht dan maha tau,” ungkapnya.

Videonya pun viral dan menjadi perbincangan netizen. Banyak yang menyarankan agar PRT tersebut keluar dari pekerjaannya.

“Kalau ga ada tempat bersih buat ibadah mending keluar dari pekerjaan mbak. Allah yang atur rezeki. Mungkin di luar sana rezeki mbak lebih baik,” komentar seorang netizen.

“Daripada di kamar  mand mending keluar pintu apartemen dan noh sholat di situ tp bersihin dulu. Kan biasanya masih ada lorong kalau emang ga ada musolanya,” kata netizen lain memberi saran.[]

Advertisement

Leave a Reply