October 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

PKM Skema Internasional UAD Memberikan Sosialisasi Cyber Security dan Digital Literation di PCIA Hong Kong

2 min read

HONG KONG – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan skema internasional dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (LPPM UAD) menggelar sosialisasi cyber security dan digital literacy layanan teknologi informasi. Kegiatan digelar bulan Juli hingga September 2022 dengan bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Hongkong secara online.

Awal dari kegiatan ini Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) UAD mengadakan kegiatan Sosialisai cyber security  dan digital literacy dalam pengunaan layanan teknologi informasi yang sudah dilaksanakan pada bulan Juli 2021 kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan Pelatihan penerapan cyber security dan digital literacy .

Acara di lakukan secara daring di awali dengan sambutan dari ketua PCIA Hongkong oleh Bu Sri Nasiati Umaroh, kemudian dilanjutkan paparan mengenai pentingnya kesadaran terkait keamanan siber oleh Dr. Imam Riadi, M.Kom selaku ketua PkM UAD Skema Internasional ini. Selain itu pentingnya menumbuhkan pengetahuan terkait literasi digital dalam penggunaan layanan teknologi informasi disajikan oleh Iman Sumarlan, S.IP., M.HI. Sosialisasi ini juga menekankan pentingnya kesiapan para pekerja migran indonesia dalam menggunakan piranti digital sesuai yang disampaikan oleh Dr.Eng. Muhammad Kunta Biddinika pada hari Minggu (31/07/2022).

Dijelaskan, sosialisasi ini dilakukan supaya para warga Indonesia di Hongkong, khususnya generasi muda dan milenial terutama yang aktif di PCIA Hongkong dapat lebih hati-hati dalam menggunakan layanan teknologi informasi. Acara sosialisasi cyber security  dan digital literacy ini juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi dari FAST UAD yaitu Hilda Isnaini, Wegig Kriswantoro, Agung Nur Maghribi serta mahasiswa dari Program Studi S2 Informatika yaitu Miftahuddin Fahmi dan Setiawan Ardi Wijaya.  Masih dimasa pandemik, kegiatan penelitian ini dilakukan secara offline dan online melalui kanal Youtube PCIA Hongkong.

Kegiatan sosialisasi ini di ikuti oleh warga Indonesia yang tinggal di Hongkong, terutama yang aktif di PCIA Hongkong dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. []

Advertisement
Advertisement