June 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Politisi Sepuh, Mbah Maimun Zubair Meninggal Dunia Saat Laksanakan Ibadah Haji

2 min read

ApakabarOnline.com – Kabar duka datang dari Tanah Suci. Guru sekaligus kyai yang selalu dijadikan tauladan bagi Republik Indonesia, KH Maimun Zubair, meninggal dunia.

Sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) yang akrab disapa Mbah Moen baru saja mengembuskan napas terakhirnya di Mekah, Arab Saudi.

” Iya beliau wafat sebelum subuh waktu Makkah,” ujar Sekjen Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani kepada Dream, Selasa 6 Agustus 2019.

Menurut Arsul, Mbah Moen wafat di usia yang ke-90. Keberadaannya Mbah Moen di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji.

” Beliau wafat sedang beribadah haji,” kata dia.

Meski demikian, Asrul belum dapat menjelaskan penyebab kematian Mbah Moen. ” Iya, nanti ya,” kata dia.

 

Pesan Mbah Moen

Pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar, Rembang, Jawa Tengah, Kiai Maimoen Zubair, meminta masyarakat tidak lagi saling menghujat gara-gara masalah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kiai yang karib disapa Mbah Moen ini meminta perselisihan akibat pemilu harus diselesaikan saat masuk Ramadan.

” Menghadapi bulan Ramadan saya mohon kepada kiai berdoa kepada Allahmudah-mudahan ini Ramadan dilimpahi kebahagiaan,” ujar Mbah Moen dalam acara Multaqo Ulama, Habaib dan Cendekiawan Muslim di Hotel Kartika Chandra, Jumat 3 April 2019.

Mbah Moen juga meminta umat Islam kembali menjalin silaturahmi untuk saling memaafkan satu sama lain. Sehingga, kekhusyukan beribadah selama bulan Ramadan bisa terjaga.

Dia juga meminta masyarakat tetap menjaga kondusifitas saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil pemilu pada 22 Mei 2019. ”  Insyaallah nanti pengumuman penghitungan suara. Insyaallah aman,” ucap dia.

 

Jokowi Diberi Kain Mbah Moen dan Tasbih Habib Luthfi

Sebelum menghadiri kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, calon presiden Jokowi menyempatkan hadir di Tennis Indoor Senayan, untuk melaksanakan zikir bersama sejumlah kiai dan santri.

Jokowi akan berangkat ke Tennis Indoor Senayan selepas dari Hotel Fairmont Jakarta. Jokowi dan Ma’ruf juga akan melakukan salat ashar di Tennis Indoor Senayan.

Di Hotel Fairmont Jakarta, Jokowi sempat bertemu dan bercakap-cakap dengan Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen dan pemimpin Forum Ulama Sufi Sedunia Habib Muhammad Luthfi bin Aly bin Yahya.

Berdasarkan pantuan, saat Jokowi bercakap-cakap dengan Mbah Moen, dia diberikan sebuah kain syal berwarna hijau, yang langsung dikalungan ke leher mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tak lama kemudian, Jokowi sempat berdiri, yang langsung dihampiri oleh Habib Lutfi. Habib Lutfi memberikannya kalung tasbih biru, dengan liontin batu berwarna sama. []

Sumber: Liputan6.com

Advertisement
Advertisement