September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Puluhan Mantan PMI Ikuti Upgrade Skill Jualan di Pelatihan Marketing Digital Agar Makin Laris dalam Berjualan

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

MADIUN – Puluhan mantan pekerja migran Indonesia (PMI) dari berbagai negara asal penempatan di wilayah Madiun Raya pada Sabtu (20/03/2021) kemarin berkesempatan mengikuti kelas pelatihan digital marketing revolusi industri 4.0.

Dalam pelatihan yang digelar di kawasan gedung Harapan Insan, Mejayan Madiun tersebut seluruh peserta dimotivasi dan ditingkatkan skillnya dalam memasarkan produk baik hasil karya sendiri maupun hasil karya produsen lain agar lebih laris dan meningkat omset jualannya.

Sugiyanto, mentor sekaligus seorang praktisi “pedagang online” yang telah beberapa tahun belakangan berhasil merasakan manisnya hasil berjualan melalui pemasaran digital menyatakan, marketing digital merupakan salah satu cara untuk mempermudah mempertemukan produsen atau pedagang dengan lebih banyak konsumen.

“Disamping itu, digital marketing juga menjadi salah satu cara mempermudah untuk memperkenalkan review produk kepada banyak orang tanpa harus dengan mengulang-ulang seperti saat menggunakan cara konvensional” jelasnya.

Salah satu digital marketing yang mulai dilirik banyak pedagang online adalah fasilitas Google Bisnis.

“Jutaan orang menggunakan fasilitas google setiap hari untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka, termasuk saat seseorang mau membeli sebuah barang. Mereka melakukan googling untuk mencari siapa yang jualan, bagaimana review barangnya, hingga berapa harganya” lanjutnya.

Sugiyanto pun dengan detail menjelaskan bagaimana caranya agar produk dagangan seorang pedagang online bisa muncul di peringkat atas mesin pencarian google.

Kelas pelatihan marketing digital ini dilakukan sekaligus menandai momen peluncuran Balai Latihan Kerja (BLKK) Komunitas Harapan Insan yang berjalan dan dimotori oleh Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati, M.Si.,  Anggota DPR RI dari Komisi IX yang membidangi persoalan ketenagakerjaan dan pekerja migran.

Selanjutnya, kelas pelatihan tersebut akan tetap berlanjut secara periodik, dengan melibatkan tenaga-tenaga mentor profesional untuk mengantarkan mantan pekerja migran yang telah pulang di kampung halaman sukses berwirausaha dan memiliki tingkat keamanan finansial yang layak agar tidak kembali menjadi pekerja migran lagi.

Tertarik bergabung dengan kelas pelatihan ini ? Silahkan berhubungan dengan keluarga migran Indonesia Madima (Madiun Magetan) agar hasrat untuk mengembangkan wirausaha anda tersalurkan. []

Advertisement
Advertisement