April 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Rugi Sekali Kalau Dilewatkan, Begini Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

4 min read

JAKARTA – Ramadan adalah bulan dimana Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Tak heran bila di bulan ini banyak umat Islam yang mengisi waktu dengan membaca Al-Qur’an. Di samping itu, setiap amalan atau kebaikan yang dikerjakan di bulan suci ini juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dalam hadis riwayat Ibnu ‘Abbas dijelaskan: Artinya: Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah SAW adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah SAW orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus (HR Bukhari).

Dilansir dari NU Online, hadis ini juga menunjukkan bahwa Rasulullah SAW mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam setahun pada bulan Ramadan bersama Malaikat Jibril. Kecuali pada tahun terakhir menjelang wafatnya, Rasulullah SAW mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak dua kali.

Dalam beberapa riwayat, bulan Ramadan juga menjadi waktu istimewa bagi Rasulullah, para sahabat dan para ulama pada umumnya untuk lebih fokus memperbanyak membaca Al-Qur’an. Di bulan Ramadan, Rasulullah akan lebih banyak membaca Al-Qur’an dibanding malam-malam lainnya.

Lantas, apa saja keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan? Dikutip dari Tempo.co, berikut ini keutamaan membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan.

  1. Pahala Berlipat Ganda

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan adalah pahala yang berlipat ganda. Bahkan, orang yang masih terbata-bata dalam membacanya akan mendapatkan dua pahala.

“Yang mahir membaca Al-Qur’an bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-Qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam juga pernah bersabda, setiap huruf Al-Qur’an memiliki satu kebaikan yang akan berlipat ganda apabila dibaca.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (H.R. Bukhari).

 

  1. Melindungi Rumah dari Setan

Al-Qur’an seperti cahaya bagi pembacanya. Bahkan, membaca kitab suci ini dapat melindungi rumah dari dimasuki setan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi.

“Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan salat dan membaca Al-Qur’an di dalamnya). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.” (H.R. Tirmidzi).

 

  1. Memberikan Syafaat

Al-Quran akan memberikan syafaat bagi pembacanya di akhirat kelak. Disebutkan dalam sebuah hadis, di akhirat, Al-Qur’an akan datang dan bersaksi kepada Allah untuk umat Muslim yang rajin membaca dan/atau mengamalkannya.

“Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya.” (HR. Ahmad).

 

  1. Menyempurnakan Ibadah Puasa

Allah SWT berfirman:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.” (Q.S Al Baqarah: 185).

 

  1. Diberikan Ketenangan Hati

Al-Qur’an juga dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik bagi orang yang membacanya. Selain itu, Allah juga memberikan rahmat dan ketenangan hati untuk orang-orang yang mempelajarinya.

“Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin, sedangkan bagi orang-orang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (Q.S Al Israa’: 82).

Selain itu, Allah SWT juga berfirman, “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.” (Q.S Ar Ra’d: 28).

 

  1. Amalan yang Disukai Allah

Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai orang-orang yang membaca Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau menjawab, ‘Al-hal wal murtahal.’ Orang ini bertanya lagi, ‘Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal’.” (H.R Tirmidzi).

 

Selain itu, Allah juga akan meningkatkan derajat orang-orang yang membaca Al-Qur’an. “Dari Umar bin Khattab ra. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain’.” (H.R. Muslim).

 

  1. Dimohonkan Ampun oleh Malaikat

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan lainnya adalah dimohonkan ampunan oleh malaikat. Hal ini apabila Anda berhasil mengkhatamkan atau membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir.

“Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya.” (H.R. ad-Dailami). Wallahu A’lam.  []

Advertisement
Advertisement