January 21, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Saat Internet Mempengaruhi Kesehatan Mental Manusia

2 min read

JAKARTA – Pusat teknologi dunia, Silicon Valley ingin menciptakan dunia virtual yang mendalam. Dunia baru yang disebut metaverse ini adalah gabungan dari dunia nyata dan internet yang kian tidak berjarak.

Perdebatan mengenai dampak baik dan buruk internet kemudian harus kembali menjadi pertimbangan. Tidak dipungkiri, dalam keseharian, internet menjadi hal yang banyak membantu pemenuhan kebutuhan manusia.

Dokter di Pusat Kesehatan Primer Piedmot, Saju Mathew memaparkan dampak internet bagi kesehatan mental. Dikutip dari situs Piedmont, Mathew mengatakan, terlalu banyak menghabiskan waktu di internet bisa meningkatkan kecemasan.

“Umumnya, bukan ide yang baik untuk meneliti gejala kesehatan akibat pengaruh dunia maya karena akan ada banyak kecemasan dan kekhawatiran yang tidak perlu.,” katanya.

Penggunaan media sosial yang berlebihan perlu mendapatkan perhatian. Pasalnya, media sosial membuat kita secara tidak sadar menjadi bersaing dengan orang lain dan akan mempengaruhi kesehatan jiwa.

Penelitian telah menunjukkan penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan perasaan depresi dan ketergantungan pada beberapa orang.

“Ketika kita mendapatkan informasi di media sosial, kita mencari penegasan, dan sadar atau tidak, kita membandingkan hidup kita dengan kehidupan orang lain. Akibatnya, kita mungkin tidak menikmati apa yang ada saat ini,” kata dia.

Daripada dibungkus dengan sudut pandang perbandingan, cobalah perlakukan media sosial dengan cara yang berbeda.

Setiap hari, tuliskan lima hal yang kamu syukuri. Berfokus pada kebaikan dalam hidup, membantu memerangi perasaan harga diri dan iri hati yang rendah.

Lagipula, penggunaan smartphone, komputer, dan tablet yang berlebihan dapat mengganggu tidur. Lampu terang dari perangkat itu memblokir sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

“Saya merekomendasikan kepada pasien saya untuk mengatur waktu tidur, kurangi penggunaan ponsel mereka dan berhenti menggunakan media sosial untuk malam itu,” katanya.

Jika kamu merasa perlu untuk terus-menerus memeriksa akun media sosial untuk mengabarkan aktivitas atau segera menanggapi email bahkan di tengah malam, kamu mungkin mengalami apa yang oleh beberapa ahli disebut pengguna internet yang bermasalah. Jika kamu merasa seperti penggunaan internet telah mengambil alih hidup kamu, segeralah datang ke dokter. []

 

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply