November 26, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Saat Istri Meninggalkan Rumah Karena Bertengkar Dengan Suami

2 min read

JAKARTA – Tidak selamanya rumah tangga berjalan harmonis. Ada kalanya antar suami dan istri memiliki keinginan masing-masing sehingg menyebabkan pertengkaran antar keduanya.

Kadang, ada sebagian istri yang memilih pergi meninggalkan rumahnya untuk menemukan ketenangan. Lantas, bagaimana hukum istri yang meninggalkan rumah dengan alasan seperti di atas?

Dikutip dari Bincangsyariah.com, penjelasan dalam kitab Fathul mu’in berikut ini;

“Wajib memberi satu mud dan nafkah yang lain untuk istri, budak wanita, dan istri yang sakit ketika memasrahkan dirinya sehingga memungkinkan bagi suami untuk menikmatinya dan tidak keberatan untuk pindah domisili ke tempat yang diinginkan suami ketika memang dirasa aman untuk bepergian ke tempat tersebut sekalipun menggunakan jalur laut.”

Meskipun demikian, istri diperbolehkan untuk keluar dari rumah dan memilih untuk meninggalkan suaminya apabila hal tersebut dapat membuatnya lebih tenang dan menjauhi pertengkaran. Tetapi, apabila istri memilih untuk keluar dari rumah, maka suami tidak wajib untuk memberikan nafkah kepadanya.

Sebagaimana dalam keterangan kitab Bughyatul Mustarsidin halaman 215 berikut,

“Seorang istri yang apabila bertemu dengan suaminya, maka akan tertimpa kesusahan, kesedihan, dan berteriak (karena tidak suka), sementara apabila dia keluar dari rumah suaminya maka hilanglah ketakutannya (menjadi tenang), maka istri diperbolehkan untuk pergi dan tidak wajib menyerahkan dirinya pada suami, karena adanya dharar. Tetapi, kewajiban suami untuk membiayai hidupnya menjadi gugur.”

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bagi istri diperbolehkan untuk keluar dari rumah dan memilih untuk meninggalkan suaminya apabila hal tersebut dapat membuatnya lebih tenang dan menjauhi pertengkaran.

Namun demikian, apabila istri memilih untuk keluar dari rumah, maka suami tidak wajib untuk memberikan nafkah kepadanya. Wallahu A’lam.[]

Advertisement
Advertisement