November 30, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Saat Urus Surat Keterangan Bebas Corona, Tiga OTG Warga Blitar Ketahuan Positif Hasil SWABnya

2 min read

BLITAR – Kabupaten Blitar berencana memberlakukan New Normal mulai Juli 2020 nanti. Namun hingga kini pertambahan angka positif masih terjadi. Terakhir, ada tiga tambahan pasien positif virus Corona berkategori OTG (Orang Tanpa Gelaja) yang diketahui positif setelah menjalani Swab mandiri, saat akan mengurus surat bebas COVID-19 untuk keperluan bekerja.

Dinukil dari Faktual News, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan (GTPP) COVID-19  Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, kasus positif virus Corona di Kabupaten Blitar bertambah menjadi 17 pasien. Karena pada Kamis (18/06/2020) kemarin, ada tambahan tiga pasien dengan katagori OTG.

“Ya benar ada tambahan tiga orang, Ketiga orang tersebut melakukan swab mandiri. Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Krisna Yekti, Jumat (19/06/2020).

Krisna menambahkan, tiga pasien OTG tersebut yaitu, perempuan dari Kecamatan Doko, Laki-laki dari Kecamatan Wlingi, dan Laki-laki (41) dari Kecamatan Kesamben.

“Kami berharap agar masyarakat lebih waspada dengan keadaan sekarang. Selalu memakai masker dan hindari keramaian. Karena akhir-akhir ini banyak klaster tambahan kategori OTG,” ujar Krisna.

Pihaknya mengukapkan, saat ini petugas masih terus melakukan tracing karena tidak mau kecolongan. Mengingat, pasien adalah OTG sehingga aktivitasnya tidak terkendali.

“Jadi aktivitas OTG ini justru malah bahaya. Mereka tidak terkendali karena tidak terpantau sebelumnya. Makanya kita terus melakukan tracing. Sedangkan beberapa keluarga yang dinyatakan non reaktif dari hasil rapid test. Kita berencana akan melakukan swab juga,” pungkasnya.

Krisna menambahkan, dari tiga pasien positof tersebut, dua diantaranya sudah dirujuk ke rumah sakit. Sementara satu lainnya, informasi terakhir yang diterimanya hingga sampai Kamis (18/06/2020) malam, masih dilakukan komunikasi agar segera dirawat ke rumah sakit.

Dengan adanya tiga kasus baru, total ada lima pasien yang dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala.[]

Advertisement
Advertisement