November 30, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

21 Juni, Hong Kong, Makau dan Indonesia Akan Dilewati Gerhana

1 min read

JAKARTA – Fenomena bulan masuk ke bayang-bayang matahari yang lazim disebut gerhana kembali akan terjadi besok (21/06/2020) sebuah fenomena gerhana Matahari cincin akan terjadi.

Namun, hanya negara-negara di Afrika tengah, semenanjung Arab, Pakistan, India, Nepal, Tiongkok, dan Taiwan saja yang akan dilalui jalur gerhana cincin.

Di Indonesia, hanya akan kebagian gerhana Matahari parsial saja. Pada puncaknya, hanya sebagian wajah Matahari saja yang akan tertutupi oleh Bulan, sementara sebagian lainnya masih akan terang seperti biasanya.

Tidak berbeda dengan Indonesia, kawasan hong kong dan Makau juga disebut akan mengalami gerhana matahari parsial.

 

Jelang Gerhana Matahari, Gunung Merapi Alami Dua Kali Erupsi

 

Di Indonesia, gerhana matahari akan bisa disaksikan dengan berbagai variasi waktu. Paling awal gerhana dapat dilihat pada pukul 13:17 WIB di daerah Banda Aceh. dan paling akhir, gerhana akan bisa dilihat di Ternate pada pukul 18:29 WIT.

Seluruh wilayah Indonesia akan bisa melihat Gerhana matahari kecuali :  1. Dua kota di Bengkulu 2. Tujuh kota di Lampung 3. 10 kota di Jawa Tengah 4. Tujuh kota di Jawa Timur 5. Semua kota di Jawa Barat kecuali Indramayu 6. Banten 7. DKI Jakarta 8. DI Yogyakarta.

Sedangkan di wilayah Hong Kong, gerhana matahari dapat disaksikan diseluruh wilayah Hong kong dan makau mulai pukul 14:37 siang waktu Hong kong dan berakhir pada pukul 17:24 waktu Hong Kong.

Puncak gerhana di kawasan Hong Kong dan Makau diperkirakan akan terjadi pada pukul 16:08. []

Advertisement
Advertisement