July 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sampah Warisan PRT Asing Yang Ber BBQ Di Silvermine Beach Mui Wo Jadi Gunjingan Warga Hong Kong

2 min read

HONG KONG – Setiap hari Minggu, hampir seluruh tempat rekreasi, lorong jembatan, lapangan, serta beberapa fasilitas umum gratis lainnya selalu menyisakan rutinitas yang menyibukkan petugas kebersihan. Pasalnya, setiap Minggu petang, di tempat-tempat tersebut, tumpukan sampah menggunung tidak seperti hari biasanya.

Seperti halnya sisa tumpukan sampah yang ditemukan oleh seorang warga Hong Kong yang kemudian diunggah ke group Mui Wo ini. Pemandangan tidak sedap, lantaran tumpukan sampah ditinggal begitu saja bukan di tempat sampah. Tumpukan sampah yang ditinggalkan begitu saja ini didapati oleh warga Hong Kong di sallah satu sudut Pantai Silvermine Beach Mui Wo pada hari Senin kemarin.

Tumpukan sampah tersebut didominasi oleh berlembar-lembar daun pisang yang jika dicermati, sebelum, kondisi daun pisang tersebut gosong di beberapa permukaan seperti usai digunakan untuk bakar-bakaran.

Warganet Hong Kong yang mengomentari postingan tersebut langsung mengalamatkan pelaku yang meninggalkan sampah adalah komunitas Domestic Worker atau pekerja rumah tangga asing. Dia menyebut seperti itu lantaran dia mengaku melihat saat kejadian. Warganet lainnya pun mengalamatkan tuduhan yang sama, PRT asing dia sebut sering menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat liburan mereka.

“Kalau bukan Indonesia, ya Filipina. Kemungkinannya hanya dari dua itu yang biasanya liburan di tempat tersebut”.

Sehari  foto dan postingan tersebut diunggah, langsung dikomentari oleh ribuan warganet dan dibagikan lebih dari 3 ribu kali.

Seperti telah diketahui bersama, dalam urusan menjaga kebersihan, Hong Kong termasuk salah satu negara yang ketat menegakkan aturan. Bukan hanya membuang sampah sembarangan, meludah sembarangan, membawa binatang peliharaan lalu binatang tersebut buang kotoran sembarangan pun juga dikenai denda.

Jika ketahuan pelakunya, meninggalkan sampah sembarangan di pantai Silvermine Beach Mui Wo kemarin, bisa dikenai denda maksimum HKD 1.500. [Yuni]

 

Advertisement
Advertisement