August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sampai Sekarang, Sudah 17 Tahun PMI Hong Kong Asal Cianjur Belum Ditemukan

2 min read

JAKARTA – Seorang pekerja migran Indonesia asal Kampung Gombong, Desa Songgom, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat dilaporkan telah putus kontak dengan keluarga di kampung halaman selama belasan tahun.

Per tahun 2022, PMI atas nama Yuli Budiarti telah genap 17 tahun tidak ada komunikasi dengan keluarganya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mutia Angelia (21), anak Yuli, Selasa (18/1/2022) kepada beberapa awak media.

Mutia meminta bantuan awak media untuk mencari ibunya yang menurut data keluarga, sang ibu terakhir kali diketahui berada dan bekerja di Hong Kong.

“Ibu saya berangkat waktu saya umur empat tahun, saat itu tahun 2005. Kata nenek saya, ibu bekerja ke Hongkong. Sempat ada kontak selama tujuh bulan dari pemberangkatan, namun setelah itu tak ada kontak lagi,” ujar Mutia.

14 Tahun Menghilang, Anak PMI Hong Kong ini Berharap Ibunya Pulang

Pencarian Mutia akan Yuli Budiarti, sang ibunda sejatinya pernah ditayangkan ApakabarOnline.com pada 19 September 2019 silam.

Namun hingga kini, pencarian Mutia rupanya belum membuahkan hasil.

Yuli Budiarti, berangkat ke Hong Kong melalui oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Lansima pada Mei, tahun 2005.

“Mertua saya sempat memberi kabar keluarga, bahwa di Hong Kong ditempatkan oleh Sun Employment. Setelah tujuh bulan bekerja di majikan pertamanya, beliau pindah karena majikannya kasar. Dan beliau dipindahkan ke Willow Mansion, Whampoa Garden, Hunghom,” ungkap Evlin Vadillah, suami dari Mutia Angelia beberapa waktu silam.

“Mertua saya sempat memberi kabar keluarga, bahwa di Hong Kong ditempatkan oleh Sun Employment. Setelah tujuh bulan bekerja di majikan pertamanya, beliau pindah karena majikannya kasar. Dan beliau dipindahkan ke Willow Mansion, Whampoa Garden, Hunghom,” ungkap Evlin.

Lebih lanjut, Evlin mengungkapkan, setelah kurang lebih tiga bulan bekerja di alamat tersebut, Yuli hilang komunikasi dengan keluarga sampai sekarang.

“Sebelum tidak ada kabar, beliau sempat menelepon untuk memberitahu kalau pindah majikan baru.”

Bagi pembaca yang mengetahui jejak Yuli, dimohon dengan segala kerendahan hati agar memberikan kabar kepada Mutia, bisa melalui ApakabarOnline.com. []

Advertisement
Advertisement