April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sebelum Bekerja, Sempatkan Baca Doa Ini Agar Kerjaan Dilancarkan dan Rezekinya Barokah

3 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

ApakabarOnline.com – Bekerja merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh setiap orang, baik bekerja sebagai buruh, petani, nelayan, pegawai kantoran, pedangan, Reseller, dan lain sebagainya.

Agar setiap pekerjaan yang dikerjakan mendapatkan keberkahan, kelancaran, dan mendapatkan hasil yang bisa memenuhi kebutuhan hidup kita, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memanjatkan doa kepada Allah SWT sebelum memulai pekerjaan itu.

Dengan membaca doa sebelum bekerja setiap kali akan memulai suatu pekerjaan, Insya Allah atas izin Allah SWT kita akan mendapatkan rezeki yang berkah walaupun tidak seberapa banyak yang didapatkan namun bisa membawa ketenangan jiwa dalam menjalankan pekerjaan itu.

Maka dari itu, ada baiknya untuk kita selalu berdoa terlebih dahulu, karena yang memberikan kekuatan dan pertolongan secara hakekat adalah Allah SWT.

Untuk bacaan doa sebelum memulai pekerjaan, guna untuk membantu hafalan bagi yang masih belajar atau bisa juga untuk yang sudahhafal sebagai pengingat bila mana kita lupa lagi.

Berikut ini doa sebelum mulai bekerja

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya :”Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.

Terus dilanjutkan dengan membaca doa :

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika’alayya’inda kibari sinnii wanqithoo’i’umrii. Alloohummakfinii bihalaalika’an haraamika. wa aghninii bifadhlika’amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.”

Artinya:”Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang

Allah SWT dalam Al Qur’an Surah Ghafir ayat 60 berfirman :

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

Demikialah pembahasan tentang doa sebelum bekerja diatas semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama. []

Advertisement
Advertisement