February 3, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sebulan Menunggu, Jenazah PMI Hong Kong Asal Ngawi Tiba Ditengah-Tengah Keluarga

1 min read

NGAWI – Kabar duka yang diterima keluarga besar almarhumah Tukinem (63) seorang pekerja migran Indonesia asal Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur kali pertama sampai ke keluarga pada 13 Desember 2022 silam.

Dalam kabar tersebut dinyatakan, Tukinem, sosok tulang punggung keluarga yang selama ini mencari nafkah di Hong Kong telah tiada karena sakit yang dideritanya.

Keluargapun juga mendapat kepastian bahwasanhya jenazah almarhumah akan dikirim pulang, namun waktunya belum bisa dipastikan.

Setelah sabar menunggu selama sebulan lamanya, akhirnya pada Jumat (13/01/2023) tengah malam sekira pukul 23:30 WIB atau setelah sebulan lamanya menunggu sejak hari dimana Tukinem dinyatakan meninggal dunia, akhirnya yang mereka tunggu datang juga.

Dikawal beberapa petugas, jenazah Tukinem tiba dirumah duka dan diserahkan kepada keluarga.

Jenazah Tukinem diterima Fitri, anak kandung almarhumah dan keluarganya yang tinggal di Dusun/ Desa Katikan, Jumat (13/1/2023) pukul 23.30 WIB. Diketahui, almarhumah Tukinem sesuai dengan dokumen kematian yang menyertai peti jenazahnya dinyatakan meninggal karena menderita penyakit klebsiella, pneumoniae, septicemia, fournier’s gangrene, dan diabetes melitus.

Kapolsek Kedunggalar Polres Ngawi AKP Juwahir membenarkan pihaknya turut serta dalam pengamanan penyerahan jenazah Tukinem ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Jenazah diserahkan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang diwakili Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (DPPTK) Ngawi pada pihak keluarga.

“Jenazah dimakamkan di tempat pemakaman umum dusun Katikan pada Sabtu (14/01/2023). Alhamdulillah pengamanan penyerahan jenazah hingga pemakaman almarhumah Tukinem berjalan lancar dan aman,” tutur AKP Juwahir. []

Advertisement
Advertisement