June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sederet Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

4 min read

JAKARTA – Kualitas istirahat atau tidur pada malam hari harus dijaga. Maka penting mengetahui apa saja yang dapat mengganggu kualitas tidur kita.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, meningkatkan kualitas tidur sama pentingnya dengan memiliki pola makan sehat dan olahraga teratur. Kurang tidur dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Jika kurang tidur terjadi terus-menerus, kamu mungkin mengalami lebih banyak masalah kesehatan jangka panjang dan serius.

Beberapa potensi masalah paling serius yang terkait dengan kurang tidur kronis adalah tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Oleh karena itu, kita penting mengetahui apa saja yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Melansir idntimes.com, berikut beberapa kebiasan yang baiknya tidak dilakukan saat malam hari, sebab dapat menggangu kualitas tidur:

 

  1. Bermain handphone sebelum tidur

Handphone memiliki radiasi blue light yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya serta menekan hormon melatonin, yakni hormon yang dapat membuat seseorang tertidur.

Ketika kamu membiasakan diri untuk bermain handphone setelah bersiap-siap untuk tidur, maka hormon melatonin dalam diri sulit untuk diproduksi, sehingga menyebabkan kamu menjadi kesulitan untuk tertidur.

Selain itu, dengan bermain handphone, otak yang seharusnya telah berada dalam kondisi rileks dan telah bersiap untuk tidur, akhirnya kembali aktif karena terlibat dalam aktivitas bermain handphone. Hal ini akhirnya menambah kesulitan untuk bisa tertidur dengan pulas.

 

  1. Berolahraga ketika akan tidur

Olahraga adalah aktivitas yang dapat berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, olahraga yang dilakukan tepat ketika akan tertidur adalah hal yang perlu dihindari bila kamu menginginkan tidur yang berkualitas dan nyaman.

Berolahraga tepat ketika akan tidur akan membuat tubuh kesulitan untuk rileks dan menyebabkan kamu kesulitan untuk tertidur karena berada dalam kondisi berenergi.

Bila kamu hanya memiliki waktu luang di malam hari untuk workout, maka usahakan olahraga yang kamu lakukan tidak terlalu berat dan dapat diselesaikan paling tidak satu jam sebelum kamu naik ke tempat tidur.

 

  1. Mengonsumsi kafein

Kopi, coklat, ataupun soft drink adalah minuman yang mengandung kafein yang memiliki efek stimulan berupa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Meski demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung kafein bukanlah sebuah masalah. Ia akan menjadi sebuah masalah hanya ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein akan menetap di dalam tubuh untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu tidak dianjurkan mengonsumsi minuman yang mengandung senyawa ini ketika telah bersiap untuk tertidur.

Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi minuman dengan senyawa ini adalah 8 jam sebelum tidur.

Dengan begitu, tubuhmu memiliki waktu yang cukup untuk memproses senyawa-senyawa itu agar tidak mengganggu waktu tidurmu dan kamu dapat memiliki tidur yang berkualitas.

 

  1. Tidur siang dalam waktu yang terlalu lama

Tidur siang sebenarnya tidak menjadi masalah ketika kamu tetap dapat tertidur di malam hari dengan baik. Akan tetapi, ketika kamu kesulitan untuk tertidur di malam hari, maka poin ini perlu kamu hindari.

Tidur di siang hari akan menurunkan kemungkinan kamu untuk dapat tertidur dengan mudah di malam hari apalagi jika tidur siangmu dilakukan dalam waktu yang lama.

Sebagai gantinya, bila sedang lelah di siang hari dan sangat membutuhkan tidur, maka kamu bisa melakukannya selama kurang lebih 15-20 menit saja. Tidur siang dengan waktu yang lama juga dapat menyebabkan munculnya gangguan tidur.

 

  1. Makan makanan berat ketika akan tidur

Untuk dapat mencapai kualitas tidur yang optimal, tubuh perlu berada dalam kondisi rileks ketika telah berada di tempat tidur. Akan tetapi, hal ini akan sulit dicapai ketika kamu mengonsumsi makanan berat tepat sebelum naik ke atas tempat tidur

Makan makanan berat di waktu tidur, misalnya pada waktu tengah malam  akan membuat sistem pencernaan menjadi sibuk melakukan proses metabolisme. Padahal, di waktu tersebut sistem pencernaan idealnya telah bersiap untuk beristirahat.

Akhirnya, karena perlu melakukan proses metabolisme, sistem pencernaan melakukan tugasnya dengan lebih lambat dari biasanya. Hal ini bertambah parah apabila makanan yang kamu konsumsi adalah makanan junk food yang tidak kaya nutrisi.

Sebagai gantinya, bila kamu sedang lapar di waktu-waktu istirahat, kamu bisa mengganjal dengan buah-buahan, yoghurt, salmon atau smoothies.

 

  1. Membiasakan diri menonton TV sampai tertidur

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan hal semacam ini, yakni menonton atau sekedar menyalakan TV agar dapat tertidur. Meski sebenarnya tidak memberikan dampak serius bagi kesehatan tubuh, akan tetapi hal ini perlu kamu waspadai.

Membiasakan diri untuk dapat tertidur hanya ketika sedang menonton atau mendengarkan TV dapat membuat kamu menjadi ketergantungan. Akhirnya, kamu akan membawa kebiasaan tersebut hingga akhir, bahkan ketika telah tumbuh dewasa.

Meski tidak menyebabkan penyakit apa pun, akan tetapi hal ini akan merugikan kamu bila kelak berada dalam tempat yang tidak memiliki teknologi seperti itu. Kamu akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi mengalami kesulitan tidur ketika hidup menuntutmu berada di luar rumah untuk waktu yang lama.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement