April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sedunia, Hanya ada Enam Negara yang Udaranya Bersih

1 min read

JAKARTA – Perusahaan pencatat polusi udara di seluruh dunia, IQAir baru saja merilis laporan terbaru terkait tingkat kualitas udara di dunia pada 2022. Hasilnya, sekitar 90 persen populasi global pada 2022 menghadapi kualitas udara yang buruk.

Dilansir dari CNBC, hanya enam negara di dunia yang memenuhi kualitas udara sesuai standar kesehatan internasional menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk PM2.5, yakni Australia, Estonia, Finlandia, Grenada, Islandia, dan Selandia Baru.

PM2.5 adalah partikel kecil yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Ini adalah salah satu bentuk polusi udara yang paling mematikan dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer.

Partikel ini dapat memasuki paru-paru, bertahan dalam waktu yang lama, dan masuk ke aliran darah tanpa filter. Bila terlalu lama menghirup polusi berbahaya, tubuh akan berisiko tinggi mengalami penyakit pernapasan, kanker paru-paru, dan penyakit jantung.

 

Negara dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

Chad

Irak

Pakistan

Bahrain

Bangladesh

 

Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

Lahore, Pakistan

Hotan, China

Bhiwadi, India

Delhi, India

Peshawar, Pakistan

 

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Menurut laporan IQAir, Indonesia mencatatkan tingkat polusi regional tertinggi dengan enam kota berada di posisi 15 besar untuk konsentrasi PM2.5 tertinggi alias paling tercemar di Asia Tenggara.

Secara rinci, Pasar Kemis, Banten menduduki posisi pertama, Jakarta berada di posisi keempat, dan Surabaya menempati posisi ketujuh dalam daftar kota dengan udara terburuk di Asia Tenggara. []

Sumber CNBC

Advertisement
Advertisement