May 26, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sempat Tak Berbafas, Bayi Prematur yang Dilahirkan Seorang Pekerja Migran Berhasil Diselamatkan Dokter Hewan

2 min read

ApakabarOnline.com – Seorang dokter hewan di Thailand baru-baru ini mendapatkan pujian dari netizen karena menyelamatkan nyawa seorang bayi laki-laki yang dilahirkan secara prematur.

Bayi dilahirkan oleh seorang pekerja migran asal Myanmar pada Minggu (19/05/2019) malam lalu di distrik Taling, Bangkok.

Pertolongan dokter hewan bernama Ware Limrungsukho berusia 34 tahun itu diberikan, setelah seorang warga memasuki klinik, saat dirinya masih memeriksa peliharaan milik pengunjung.

Saat itu jam menunjukkan pukul 7 malam waktu setempat, dia diberitahu bahwa ada seorang wanita yang melahirkan di seberang jalan, tak jauh dari kliniknya. Namun bayi itu tidak menangis.

Dokter hewan segera menuju ke tempat wanita itu dan menemukan bayi dan ibunya di sisi jalan. Bayi itu tidak bernafas dan tubuhnya berwarna keunguan.

Dokter lalu dengan hati-hati mengurut dada anak itu, untuk membantunya bernafas, sebelum membawanya dan placenta yang masih lengket ke kliniknya.

Dokter hewan itu menggunakan penyedot untuk membersihkan saluran pernafasan anak itu, menggoyangkan badannya dan melakukan gerakan resusitasi jantung paru.

Anak itu berhasil bernafas, dan menangis dengan kencang, memberikan ketenangan pada orang-orang di sana. Dua ibu dan anak itu kemudian dikirimkan ke Rumah Sakit Siriraj.

Insiden itu kemudian terekam dalam sebuah video, dan dibagikan oleh seorang pengguna Facebook Min K Wg. Dan sejak itu, dokter hewan mendapatkan banyak pujian dari warganet.

Video itu menjadi viral, dan hingga Selasa (21/05/2019) sudah ditonton lebih dari 4 juta kali.

Dokter Waree mengatakan bahwa dirinya tak memikirkan apapun saat menyelamatkan bayi itu. Dia merasa akan sangat menyesal, jika dirinya tidak melakukan apapun saat itu.

“Aku sudah menjadi dokter hewan, dan merawat hewan-hewan selama 10 tahun. Saya tidak pernah mengalami insiden seperti ini. Ini pertama kalinya saya menyelamatkan nyawa seseorang,” ucap dokter hewan itu.

Laporan media menunjukkan bahwa ibu anak itu sudah berusaha memanggil taksi untuk membawanya ke rumah sakit, namun supir taksi menolaknya.

Hingga akhirnya seseorang memanggilkan ambulance untuknya. Namun, wanita itu tak lagi bisa menahan, lalu melahirkan sebelum ambulans tiba. [Shally – Tribun]

Advertisement
Advertisement