January 27, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Seorang PRT Asing Terdeteksi Positif Corona Disertai Gejala Usai Jalani Karantina 14 Hari

2 min read
Suasana PRT Asing berkumpul di kawasan Central, Hong Kong saat hari libur (Foto HK01)

Suasana PRT Asing berkumpul di kawasan Central, Hong Kong saat hari libur (Foto HK01)

Prime Banner

HONG KONG – Pertambahan kasus baru di Hong Kong hari ini masih mengikuti trend selama dua hari sebelumnya, progresnya mengalami penurunan signifikan.

Hari ini (14/01/2021), jumlah kasus baru di Hong Kong sebanyak 29 kasus atau selisih 13 kasus lebih sedikit dibanding sehari sebelumnya.

Dr.Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) dalam keterangan persnya sore ini menyebut, 29 kasus tersebut didapat dari 3 kasus impor dan 26 kasus lokal.

Pada 26 kasus lokal, separoh kasus atau 13 kasus diketahui tertular dari kasus sebelumnya, dan separohnya lagi tidak diketahui sumber penularannya.

Sedangkan pada 3 kasus impor, didapat dari seorang PRT asing asal Filipina, seorang warga yang bari kembali dari Amerika serta seorang pendatang dari Pakistan.

Disamping itu, salah satu klaster lokal yang tidak diketahui sumber penularannya adalah seorang PRT asing asal Filipina yang terdeteksi positif terinfeksi virus corona disertai dengan gejala.

Yang bersangkutan terdeteksi terinfeksi setelah menyelesaikan masa karantinanya selama 14 hari pada 7 Januari kemarin. Informasi yang didapat ApakabarOnline.com, PRT asal Filipina tersebut sejak beberapa hari belakangan mengaku merasakan gejala tidak enak badan, hingga majikan membawanya berobat ke unit gawat darurat sebuah rumah sakit.

Saat mendapat layanan pengobatan tersebutlah, yang bersangkutan diketahui positif terinfeksi dari sumber yang tidak diketahui.

Kontak erat PRT tersebut langsung ditelusuri. Majikan sekaligus keluarga majikan juga langsung diperiksa dan menjalani karantina.

Hingga hari ini, jumlah seluruh kasus positif corona di Hong Kong telah mencapai 9.415 kasus dengan 161 kematian.

Hingga saat ini, jumlah pasien yang masih menjalani perawatan tercatat sebanyak 563 pasien, dimana 42 diantaranya dalam kondisi kritis.

Sementara itu, di Indonesia, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperbarui jumlah pasien konfirmasi positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Indonesia pada hari ini, Kamis (14/01/2021).

Berdasarkan data yang diinformasikan dalam situs resmi covid19.go.id, penambahan kasus corona hari ini adalah sebanyak 11.557, sehingga totalnya kini menjadi 869.600 kasus.

Selain itu, jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 7.741, sehingga akumulasinya menjadi 711.205. Sedangkan, pasien meninggal karena virus corona bertambah 295, maka totalnya kini 25.246 orang.

Sehari sebelumnya, Rabu, 13 Januari 2021, jumlah pasien positif corona di Indonesia telah mencapai 858.043 orang, kasus sembuh menjadi 703.464 orang, dan kasus meninggal kini adalah sebanyak 24.951 orang. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply