April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sepele, Tapi Kebiasaan-Kebiasaan Berikut ini Bisa Bikin Gemuk

3 min read

JAKARTA – Bagi sebagian orang diet, gemuk adalah suatu hal yang sangat dihindari. Beragam upaya yang dilakukan agar berat badan tetap terjaga. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat seseorang menjadi gemuk.

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang bikin gemuk, seperti di lansir dari hellosehat.com dan hipwee.com yaitu:

 

  1. Makan terlalu cepat

Pada saat kamu makan dengan cepat, hormon ghrelin yang memberi sinyal ketika perut merasa lapar menurun. Padahal diperlukan waktu selama 20 menit untuk memulai makan hingga pesan untuk berhenti makan sampai ke otak. Sederhananya, ketika kamu makan terlalu cepat maka kamu akan cenderung memenuhi perut dengan makanan berlebih.

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan makan buru-buru, cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Saat makan terlalu cepat, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memberi tahu otak bahwa perut sudah kenyang. Oleh karena itu, anda akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Solusinya, cobalah untuk memperlambat waktu makan dengan mengunyah lebih banyak dan menikmati setiap suapannya. Sehingga tubuh memiliki waktu untuk memberikan informasi ke otak bahwa ia sudah terisi penuh.

 

  1. Kurang tidur

Michael Breus, ahli yang berfokus menangani gangguan tidur di Amerika, menyatakan bahwa ketika kita terlalu sedikit menutup mata untuk tidur, metabolisme tubuh akan melambat untuk menghemat energi. Perlambatan ini kemudian memicu hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tubuh kemudian berpikir bahwa anda membutuhkan banyak energi sehingga ia meminta lebih banyak makanan.

Selain itu, kurang tidur membuat tubuh melepaskan lebih banyak ghrelin (hormon yang memberi sinyal rasa lapar) dan mengurangi leptin (hormon yang memberi sinyal perasaan kenyang). Tidak teraturnya hormon-hormon ini pada akhirnya membuat anda menginginkan lebih banyak makan dan tidak memiliki kepekaan untuk mengetahui kapan harus berhenti mengunyah.

 

  1. Melewatkan jam makan normal

Melewatkan jam makan normal, misalnya sarapan dirapel dengan makan siang sehingga jadwal makan menjadi kacau. Denis Bruner, seorang spesialis obesitas menyatakan bahwa melewatkan sarapan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, akibatnya tubuhmu akan cepat merasa lapar sehingga pada saat jam makan selanjutnya kamu bernafsu untuk makan lebih banyak dan lebih sering ngemil apa pun.

 

  1. Kurang minum

Orang yang kurang minum berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa membuat berat badan cepat naik. Penelitian membuktikan rasa haus sering disalahartikan oleh tubuh sebagai sinyal rasa lapar oleh tubuh.

Oleh sebab itu, hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang minum dua cangkir air sebelum sarapan mengonsumsi 22 persen kalori yang lebih rendah pada makanan dibandingkan dengan yang tidak minum air sama sekali.

Namun jangan salah kaprah, tidak semua minuman bisa anda konsumsi semaunya. Penelitian membuktikan orang yang minum soda setiap hari memiliki ukuran pinggang enam kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Minuman manis lainnya yang mengandung gula seperti minuman kemasan juga dapat membuat berat badan cepat naik jika dikonsumsi setiap hari.

 

  1. Bergaul dengan teman yang juga mengalami kegemukan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, menemukan bahwa kegemukan bisa jadi disebabkan karena ‘tertular’ lingkungan sekitar. Kesimpulannya adalah memiliki seorang teman atau kerabat yang obesitas juga bisa meningkatkan peluangmu untuk mengalami obesitas pula hingga 50 persen. []

Advertisement
Advertisement