June 15, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Seringnya Hanya Dibuang, Padahal Biji Buah Pepaya Punya Manfaat Penting Bagi Tubuh

2 min read

JAKARTA – Buah pepaya memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain rasanya yang lezat, buah pepaya jadi buah yang sebaiknya dikomsumsi setiap hari.

Banyak orang menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan segar. Namun, kebanyakan orang hanya memakan daging buahnya saja dan membuang biji pepaya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari halodoc.com dan hallosehat.com, berikut beberapa manfaat biji pepaya yang jarang diketahui:

 

Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peran integral dalam kesehatan. Sebab, ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Sehingga mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat melindungi dan menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

Hal ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada U.S. National Library of Medicine yang dilakukan pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas. Hasilnya, ekstrak biji buah tersebut dapat membantu mencegah kerusakan ginjal.

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik.

Seperti yang diketahui, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, dengan mengonsumsi biji pepaya, akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (konstipasi).

Makanan kaya serat juga diyakini dapat mencegah penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menyembuhkan gejala wasir.

 

Melawan Infeksi

Salah satu manfaat dari biji pepaya adalah diduga kuat dapat melawan infeksi. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi 2011 silam. Penelitian tersebut menunjukkan kalau ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga jenis jamur. Termasuk patogen spesifik penyebab infeksi jamur pada tubuh.

Meski begitu, penelitian skala besar lebih lanjut tentu diperlukan, untuk mengetahui efektivitas biji pepaya dalam melawan infeksi pada tubuh manusia.

 

Mengatasi Keracunan Makanan

Manfaat lain dari mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat membantu mengobati keracunan makanan. Hal ini berdasarkan sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. Ulasan tersebut menjelaskan kalau ekstrak yang terbuat dari biji buah tersebut terbukti efektif dalam membunuh bakteri E.coli, Salmonella, Staphylococcus dan infeksi bakteri lainnya.

 

Mencegah Serangan Kanker

Manfaat makan biji pepaya lainnya adalah bisa mencegah tubuh dari serangan sel-sel kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer (2014) menunjukkan manfaat biji pepaya tersebut.

Penelitian itu menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari perkembangan kanker. Penelitian lain juga menemukan bahwa biji pepaya hitam berpotensi menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh. Mulai dari melawan infeksi, menjaga fungsi ginjal, hingga dikabarkan dapat mengatasi keracunan makanan. Meski dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, tapi pastikan untuk mengonsumsinya secara tidak berlebihan. []

Advertisement
Advertisement