July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Setelah Dua Tahun Usaha Dijalankan, Baru Sekarang Dimsum Ecky dan Fela Datangkan Keuntungan

2 min read

KUDUS – Fela Engar Martias (28) dan Ecky Darmawan (29) terlihat sedang sibuk mempersiapkan dagangan di depan sebuah rumah Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Lapak serba merah bernama Baginda Dimsum itu memang cukup ramai pembeli sejak dibuka sebulan lalu.

Menurut Fela, ia dan suami sebenarnya sudah mencoba usaha kuliner sejak tiga tahun lalu. Namun, usahanya baru lumayan laris saat menjual dimsum.

“Jadi kalau saya sama suami dulu kesibukanya bekerja. Saya bekerja jadi admin di salah satu toko bahan kue dan suami bekerja di salah satu perusahaan jasa pengiriman barang. Pertama suami saya dulu yang keluar dan beralih bisnis jadi distributor permen lolipop,” ujarnya.

“Kemudian selah dua tahun, saya ikut keluar dan ikut bantuiin jual permen lolipop selama satu tahun, tapi karena saya bosan dan ingin coba bisnis yang lain, akhirnya bulan Febuari saya coba buka usaha dimsum,” tambahnya

Bermodalkan nekat, Fela pun akhirnya memutuskan membuka usaha dimsum, dengan membuat inovasi dimsum dengan harga terjangkau.

“Modal saya sebenarnya hanya nekat, karena saya sendiri tidak bisa buat dimsum, jadi akhirnya saya kerja sama dengan teman. Teman yang bagian buat dimsum, saya yang memasarkan,” ujarnya.

Dengan menghadirkan dimsum yang mempunyai harga murah, Fela mengatakan ia tetap mengutamakan rasa.

“Jadi tidak cuma murah, tapi saya tetap mengutamakan rasanya, dimsum baginda dagingnya tetap berasa, campuran tepungnya sedikit, dan teksturnya juicy,” jelasnya.

Dimsum yang disediakan pun cukup beraneka ragam, seperti dimsum toping wortel, dimsum jamur, dimsum cabai mercon, dimsum ekado, dimsum hakau, dimsum crabstik, dimsum cumi, dan dimsum nori.

“Di sini pilihan dimsumnya juga banyak, mulai dari harga Rp1 ribu itu ada pilihan olahan seefood sebanyak 6 varian, kemudian ada dimsum kecil dan olahan seefood sebanyak 6 varian, dan aneka toping dimsum dengan jumlah 10 varian,” ujarnya

Karena memiliki strategi yang bagus, dalam waktu sebulan, kini sudah ada yang menjadi teman mitra atau franchise Baginda Dimsum.

“Dari awal buka juga saya menyediakan teman mitra atau franchise, dan sekarang sudah ada dua yang masih diproses, yaitu Kudus dan Jogja,” ucapnya.

Karena kerja kerasnya, kini dimsum baginda pun semakin banyak peminatnya. Bahkan Fela bisa menjual 600 sampai 1000 pcs dimsum saat akhir pekan.

“Alhamdulillah semakin ke sini peminatnya semakin banyak, kalau akhir pekan bisa menjual 600 sampai 1000 pcs,” tandasnya. []

Sumber Beta News

Advertisement
Advertisement