August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Signifikan Turunkan Kolesterol, Saran WHO Lalapan-Lalapan Berikut Ini Bagus Sekali Dikonsumsi Sehari-Hari

2 min read

JAKARTA – Kolesterol tinggi kerap dijuluki sebagai silent killer. Sebab penyakit ini sering tidak disadari gejalanya, namun bisa membunuh.

Mengutip data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kolesterol tinggi diperkirakan menyebabkan 2,6 juta kematian (4,5% dari total kematian). Kolesterol tinggi juga merupakan penyebab utama beban penyakit kritis, seperti jantung dan stroke, baik di negara maju maupun berkembang.

Namun, sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan ketika kadar kolesterol mulai tinggi, yaitu dengan mengonsumsi sejumlah sayuran berikut yang cocok jadi lalapan:

 

  1. Buncis

Buncis memiliki sedikit rasa manis dengan tekstur yang renyah sehingga cocok untuk dijadikan lalapan. Bukan sekedar lalapan, buncis bisa distok di lemari es sebagai penurun kolesterol karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi makanan tinggi serat, khususnya serat larut, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat larut menjebak kolesterol dan mencegah tubuh menyerapnya kembali ke aliran darah.

 

  1. Kol atau Kubis

Kubis atau kol juga sama dengan buncis. Kol memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan dan metabolisme pada tubuh. Sayur satu ini cocok untuk dijadikan lalapan penurun kolesterol karena mengandung bahan aktif sulforafan, iberin, histidin dan Cyano Hidroksi Butena (CBH).

 

  1. Terong Lalapan atau Terong Thailand

Terung atau terong Thailand sering kita jumpai di pasaran hingga di rumah-rumah makan. Namun, tak banyak yang tahu kalau terong lalapan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk bantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Di Thailand sendiri, terong ini sering dipakai untuk menjadi bahan obat tradisional, karena bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

 

  1. Selada air

Sayuran satu ini memiliki rasa yang enak dan segar. Sayuran ini seringkali disajikan sebagai lalapan pada makanan Sunda. Selain bisa dijadikan lalapan penurun kolesterol, selada air yang mengandung gluconasturtin juga bisa melawan perkembangan sel kanker.

Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K dan vitamin A yang ada di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa bantu mengurangi berat badan.

 

  1. Kecipir

Jika Anda pecinta lalapan, pasti pernah berjumpa dengan kecipir. Sayur yang sering disajikan sebagai lalapan ini memiliki kandungan antioksidan alami dan vitamin E yang baik untuk metabolisme tubuh termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

 

  1. Kale atau Kubis Keriting

Kale atau kubis keriting merupakan lalapan penurun kolesterol yang wajib ada di rumah untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dan bantu menurunkannya. Kubis keriting memiliki banyak kandungan vitamin dan tinggi lutein (xantofil) yang mampu menurunkan kolesterol dengan menghentikan penumpukannya di dalam tubuh.

 

  1. Takokak

Takokak seringkali disamakan dengan lalapan leunca. Padahal keduanya berbeda walaupun serupa. Walaupun rasanya agak pahit dan kesat di dalam mulut, ternyata tanaman yang masih menjadi kerabat terong ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan sterol campesterol di dalamnya bisa menjadi antiradang. Selain itu, takokak juga mengandung vitamin A 750 IU dan vitamin C 80 mg/100 g yang apabila dikonsumsi sesuai dengan porsinya (tidak berlebihan) bisa bantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. []

Advertisement
Advertisement