October 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Strategi Kementrian Sosial Tangani Bencana Gempa Malang

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

MALANG – Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan warganya aman setelah gempa dengan magnitudo 6,1 menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (10/04/2021).

“Yang penting semua warga aman dulu, sehingga warga harus dievakuasi di satu titik untuk memudahkan dalam pemantauan,” kata Mensos Risma yang pada Minggu dini hari pukul 02.00 WIB mendatangi Kantor Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, untuk mengecek dampak gempa.

“Sebaiknya memang warga di luar rumah karena rumah mereka di bawah tebing dan tidak memungkinkan untuk ditempati, khawatir nanti akan terjadi gempa susulan,” katanya.

Mensos Risma menambahkan warga yang tinggal di daerah pegunungan berisiko terdampak tanah longsor jika gempa susulan terjadi.

“Untuk saat ini apa yang bisa diselamatkan sebaiknya diselamatkan dan orangnya agar segera mengungsi, pindah di lapangan, dan besok akan segera saya dukung dengan penyediaan prasarana,” katanya.

Mensos Risma menginstruksikan pembangunan segera tenda-tenda pengungsian dan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak bencana.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, wilayah Kecamatan Tempursari paling parah terdampak gempa. Jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa tercatat 428 unit di kecamatan itu.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah menunjuk Dandim 0821/Lumajang sebagai koordinator penyaluran bantuan bagi korban bencana dan Kepala Polres Lumajang sebagai koordinator lapangan penanganan dampak gempa. []

Advertisement
Advertisement