June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Suami yang Menjadi Bupati Diberhentikan Karena Korupsi, Istrinya Menggantikan Posisi Wakil Bupati

1 min read

CIREBON – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik Wakil Bupati Cirebon terpilih, Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya atau yang biasa dipanggil Ayu, di Bandung, Rabu (10/02/2021).

Pelantikan ini digelar di GOR Arcamanik Bandung, bersamaan dengan pelantikan Wabup Tasik, dan Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat yang akan dilantik menjadi bupati definitif.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewakili Mendagri Tito Karnavian melantik Hj. Wahyu Tjiptaningsih yang  merupakan istri dari mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi Sastra. Sunjaya terpilih bersama wakilnya, Imron Rosyadi untuk memimpin Kabupaten Cirebon pada periode 2019-2024.

Belum lama menjabat, Sunjaya diberhentikan dengan tidak hormat karena terjerat kasus korupsi. Wakil Sunjaya saat itu, Imron Rosyadi kemudian dilantik sebagai Bupati Cirebon, pada 1 Oktober 2019.

DPRD Kabupaten Cirebon kemudian menggelar pemilihan wakil bupati pada awal Desember 2020 lalu. Wahyu Tjiptaningsih sisa masa jabatan 2019-2024 mendapat suara sebanyak 36 suara. Ia mengalahkan Cunadi yang hanya mendapatkan satu suara.

Begitulah fakta kepala daerah yang terjerat korupsi, justru kerabat paling dekatnya bisa menggantikannya sebagai kepala dan atau wakil kepala daerah. Belum diketahui alasan apa yang membuat DPRD Kabupaten Cirebon harus memiih Wahyu, sementara begitu banyak kader lain yang lebih mumpuni ketimbang Wahyu.

Pemilihan kepala daerah dan wakil seperti ini adalah sudah sesuai dengan demokrasi  prosedural walau bagi sebagian orang dinilai demokrasi semu dan KKN. Seusai pelantikan Wahyu tidak berkomentar kepada wartawan dan langsung pergi setelah acara pelantikan selesai.

Advertisement
Advertisement