June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sukses di Rantau Mandiri di Negeri Sendiri, Begini yang Dilakukan Sahabat Migran Cilacap

2 min read

JAKARTA – Tak hanya giat bekerja dan menabung untuk hidup di kampung halaman selama masih di negara penempatan, berjaringan dengan siapa saja, khsusnya dengan sesama mantan pekerja migran untuk bersama-sama berdaya di kampung halaman semakin disadari bahwa hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh mantan pekerja migran di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah kali ini.

Dibawah naungan Sahabat Migran Indonesia (SMI), para mantan pekerja migran berkumpul untuk berkegiatan, dimana salah satunya adalah pemberdayaan kewirausahaan.

Dalam momen pengukuhan pengurus Sahabat Migran Indonesia (SMI) Kabupaten Cilacap pada Jumat (27/01/2023) kemarin, juga digelar pelatihan membuat produk makanan, dimana hal tersebut menjadi salah satu program SMI Cilacap yang rutin digelar setiap bulan.

Dalam kesempatan kemarin, terpilih memegang kepengurusan yang baru untuk masa bakti 2023-2024 adalah Nursitoaji, mantan pekerma migran Korea Selatan sebagai Ketua, Ngadiyah, mantan pekerja migran Singapura sebagai Sekretaris dan Indy Mustarja, mantan pekerja migran Hong Kong sebagai Bendahara.

Dengan visi sukses di rantau mandiri di negeri sendiri, SMI Daerah Cilacap sampai saat ini telah menghimpun banyak mantan pekerja migran dari berbagai latar belakang negara penempatan seperti Hong kong, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Malaysia, Singapura dan beberapa negara penempatan lainnya.

Dengan kegiatan rutin tersebut, SMI diharapkan bisa berkontribusi pada kemandirian finansial dan produktifitas mantan pekerja migran di kampung halaman agar tidak kembali ke negara penempatan menjadi pekerja migran dengan berbagai resikonya.

Tak hanya itu, disamping pemberdayaan ekonomi, hal yang menjadi perhatian penting dari SMI adalah kegiatan advokasi, membantu para pekerja migran yang memiliki masalah terkait dengan hubungan industrial di negara penempatan.

Sampai dengan 2023, Sahabat Migran Indonesia (SMI) sudah memiliki puluhan pengurus daerah yang tersebar di enam provinsi, yakni Lampung, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta NTB. []

Catatan


Bagi pembaca yang ingin bergabung dengan SMI di Kabupaten Cilacap, bisa menghubungi kontak person berikut ini :

1) Nur Sitoaji   : +62 813-9095-1891

2) Indy Mustarja : +62 821-3631-9962. []

 

Advertisement
Advertisement