November 30, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Supaya Terhindar dari Pikun

2 min read

JAKARTA – Pikun umumnya diartikan sebagai kondisi berkurangnya daya ingat atau memori. Pikun kerap kali diidentikan sebagai efek penuaan. Agar tidak mudah jadi pikun, banyak cara bisa dilakukan.

Dikutip dari alodokter.com, salah satu penyebab paling umum pikun adalah proses penuaan yang berdampak pada melemahnya fungsi otak. Hal ini biasanya hanya akan menimbulkan gangguan memori ringan.

Namun, jika pikun yang terjadi cukup parah, kondisi ini patut dicurigai sebagai demensia.

Demensia sendiri merupakan sindrom atau kumpulan gejala yang mengacu pada penurunan fungsi otak, seperti menurunnya daya ingat, gangguan proses berpikir dan perilaku, serta perubahan kondisi mental atau emosional.

Pikun yang disebabkan oleh demensia umumnya akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika sudah parah, lansia yang mengalami pikun parah karena demensia bahkan bisa tidak mengenal orang terdekatnya.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pikun.

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut tips jitu agar tidak mudah mudah pikun:

 

  1. Gemar membaca

Kebiasaan membaca ini sudah dibuktikan ampuh menghindari kepikunan di usia tua nanti. Dilansir dari web berkeluarga.id, ada 6 manfaat membaca buku sebelum tidur salah satunya adalah mencegah kepikunan.

Dengan rajin membaca buku akan membantu otak kita untuk terus bekerja. Hal inilah yang kemudian membantu kita untuk memiliki daya ingat yang kuat dan dapat sekaligus mencegah pikun.

 

  1. Mempunyai kapasitas tidur yang cukup

Tidur memang menjadi kebutuhan setiap manusia. Namun juga menjadi kegiatan untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik kita setelah bergerak seharian.

Dikutip dari www.guesehat.com  mengenai manfaat tidur yang berkualitas yaitu dengan tidur yang cukup kesehatan memori otak kita akan terjaga dan meningkatkan memori untuk bertahan dalam jangka panjang.

Hal tersebut tentu diimbangi dengan olahraga yang cukup, mangatur waktu makan yang baik dan menciptakan tidur yang nyaman.

 

  1. Olahraga

Health.grid.id memberitakan dari jurnal Nature Coummunications Medicine bahwa olahraga yang teratur akan membantu kita bebas pikun di usia tua. Ph.D mahasiswa dan penulis utama studi, Sarah Aghjayan mengatakan bahwa ketika kita berolahaga dia menemukan adanya peningkatan yang lebih besar dalam memori.

Menurut studinya, olahraga apapun dapat dipilih, tetapi paling baik dilatih bergantian dari tiga hal ini, yaitu Latihan kardio, latihan kekuatan otot, dan latihan fleksibilitas.

Nah, itulah beberapa tips dapat dilakukan agar tidak mudah mengalami pikun. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement