February 25, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Taat Bayar Pajak, Mantan PMI Kendal Mendapat Hadiah Umroh

1 min read

SEMARANG – Wajah Winarti terlihat bungah. Perempuan asal Pagersari, Patean, Kabupaten Kendal, itu tak menyangka dirinya bakal mendapat hadiah umrah gratis atas kepatuhannya membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Winarti yang pernah bekerja sebagai pekerja migran Indonesia (PMI) di sejumlah negara di luar negeri itu mengaku sudah lama ingin mennjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci. Namun, ia tak menyangka jika impian itu bisa diwujudkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) melalui program yang digelar Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatengatau Samsat Jateng.

“Senang. Enggak nyangka bisa mendapat hadiah umrah gratis. Sebelum diberi tahu menang undian umrah, malamnya saya mimpi dapat telur. Enggak nyangka, ternyata menang umrah,” ujar Winarti dinukil dari Solopos, Rabu (06/12/2023).

Winarti tidak sendiri. Total ada enam warga Jateng yang menerima hadiah umrah dari Bapenda Jateng karena kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor. Selain Winarti, lima orang itu adalah Aji Prasetyo, warga Paketiban, Pangkah, Kabupaten Tegal; Dwi Supriyanto, warga Ngesrep, Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang; Abdul Ghoni, warga Genengmulyo, Juwana, Pati; Warsini, warga Genengan, Jumantono, Karanganyar; dan Arif Setiadi, warga Pule, Sugihan, Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

Mereka menerima hadiah itu secara simbolis pada acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang digelar di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Rabu. Hadiah diberikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana.

“Nanti hadiahnya [umrah] mau dipakai istri saya. Dia sudah lama ingin berangkat umrah,” ujar Arif, warga Bulukerto, Wonogiri. []

Advertisement
Advertisement