April 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Hanya Job Pekerja Rumah Tangga, Indonesia Kini Juga Mengisi Job Perawat Profesional ke Singapura

1 min read

JAKARTA – Lembaga Pendidikan Binawan Inti Utama telah meloloskan 133 perawat D3 dan S1 keperawatan Indonesia, untuk bisa bertugas di seluruh rumah sakit milik Pemerintah Singapura.

Hal tersebut sekaligus menjawab keresahan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes), tentang kesenjangan profesi antara dokter dan perawat Indonesia.

“Dalam tiga bulan terakhir, Binawan telah meloloskan 133 peserta dari target 1100 pada tahun 2023. Sebanyak 37 peserta batch 1 sudah siap diberangkatkan sedangkan 96 peserta batch 2 sudah melaksanakan SNB Exam di Jakarta,” kata President Director of Binawan Group dalam keterangannya, Minggu (12/03/2023) dikutip Antara.

Di Klinik Mayo dan Singapura, para perawat itu bekerja menjadi lini utama dalam penanganan pasien sebelum sampai ke dokter.

Menurut Adrie Nelwan Direktur Binawan Inti Utama, menerjunkan langsung perawat Indonesia bekerja di luar negeri dapat mengubah pola pikir mereka dengan budaya sistem kerja dan pelayanan kesehatan internasional.

Perawat Indonesia dinilai punya kompetensi unggul dan dapat bersaing untuk bekerja di luar negeri. Selain itu, dari segi keuntungan tidak hanya soal finansial, tapi juga peningkatan kompetensi dan kolaborasi menjadi satu tim yang profesional dalam penanganan pasien.

Sebagai informasi, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah perawat di Indonesia mencapai 633.000 orang tahun 2022, dan 511.191 orang tahun 2021.

Untuk itu, Binawan berupaya untuk mengembangkan seluruh potensi tenaga kesehatan dalam negeri dengan menyediakan pelatihan serta jembatan, ke semua fasilitas kesehatan yang berkualitas di luar negeri.

Sehingga, dapat menghasilkan manfaat bersama melalui kolaborasi dengan komunitas kesehatan global.

Selain program Singapura, Binawan telah memberangkatkan perawat dan bidan ke luar negeri seperti Inggris, Australia, Arab Saudi, United Arab Emirates, Kuwait, Jerman, dan negara lainnya. []

Advertisement
Advertisement