December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Hanya Untuk Memperindah Penampilan, Kacamata Hitam Ternyata Juga Punya Manfaat Untuk Kesehatan

1 min read
Kaca mata hitam (foto Istimewa)

Kaca mata hitam (foto Istimewa)

JAKARTA – Kacamata hitam merupakan akesoris tubuh yang bagus untuk digunakan baik pria maupun wanita, dan memang kacamata hitam memang tidak digunakan sesering orang-orang menggunakan kacamata bening.

Namun, tak hanya semata-mata menjadi aksesoris, kacamata hitam juga memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan matamu. Apa saja itu? Cek penjelasan berikut ini.

 

Mencegah Katarak

Katarak adalah sebuah kondisi kekeruhan pada lensa mata yang biasanya terjadi seiring penuaan. Menurut Glaucoma Research Foundation (GRF), paparan sinar UV yang terlalu lama dan sering bisa mempercepat terjadinya katarak. Nah, dengan menggunakan kacamata hitam sehari-hari akan membantu melindungi matamu dari risiko katarak ini.

 

Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah suatu kondisi dimana sebagian dari retina yang disebut makula mengalami kerusakan dan menggangu penglihatan, bahkan beberapa kasus bisa menyebabkan kebutaan.

 

Melindungi Kulit Sekitar Mata

Seperti yang kita tahu, bahwa kulit di area mata itu sangat sensitif. Dengan menggunakan kacamata hitam, terutama ketika cuaca terik, bisa membantu melindungi kulit di area sekitar mata.

 

Mencegah Risiko Kanker Mata

Saat berjalan di cuaca panas, kita kemungkinan terkena risiko kanker mata yang cukup tinggi dikarenakan sinar UV yang mengenai mata. Jika menggunakan kacamat hitam, kamu setidaknya mengurangi risiko kanker mata yang bisa terjadi.

 

Mencegah Snow Blinded

Snow blinded adaah kondisi di mana ketika kornea mata terkena sinar matahari secara langsung terlalu banyak, sehingga menyebabkan sunburn di bagian kornea mata. Hal ini bisa menyebabkan pusing, penglihatan buram bahkan kebutaan. []

Advertisement
Advertisement