January 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Jadi Bayar, Setelah Ngitung Keuangan, Jokowi Gratiskan Seluruh Vaksin Corona

1 min read
Prime Banner

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi akhirnya resmi mengumumkan bahwa vaksin covid-19 atau vaksin corona akan diberikan gratis kepada seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini disampaikannya usai Jokowi menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang anggaran negara.

“Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12/2020).

Mau Dapat Vaksin ? 75 Juta WNI Harus Bayar Vaksin Sendiri

Ia menyampaikan Menkeu Sri Mulyani dan jajaran kabinet lainnya beserta pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain dari ketersediaan vaksinasi gratis ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya dikabarkan bahwa rakyat Indonesia akan dibagi menjadi dua antara mendapatkan vaksin gratis dan vaksin mandiri. Namun kini, seluruh rakyat Indonesia akan diberikan vaksin secara gratis.

Saat ini sudah ada 1,2 juta vaksin Sinovac yang tiba di Indonesia. Kabarnya Januari mendatang akan tiba 1,8 juta lagi. []

Advertisement
Advertisement