July 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Lama Lagi, Naik MTR di Hong Kong Bayarnya Pake AlipayHK

2 min read

HONG KONG – Layanan pembayaran cashless yang merupakan mitra dari Ant Financial Services, AlipayHK, baru saja memenangkan proses tawar menawar dalam menyediakan pembayaran cashless berbasis QR code untuk sistem transportasi MTR (Mass Transit Railway) Hong Kong.

Dilansir SCMP pada Jumat (16/11/2018), nantinya setiap komuter yang masuk ke stasiun MTR akan dihubungkan akunnya ke aplikasi MTR secara terpisah, dan akan melakukan scanning QR code.

Adapun opsi QR code ini merupakan alternatif untuk penggunaan kartu Octopus, yang mana telah menjadi metode pembayaran paling dominan untuk MTR Hong Kong sejak 1997.

Dalam keterangan perusahaan, AlipayHK mengungkap metode pembayaran baru ini akan digulirkan ke 91 stasiun MTR di Hong Kong pada pertengahan 2020.

Sekadar diketahui, jaringan MTR dan Airport Express Hong Kong mencakup total 93 stasiun dan membawa rata-rata 5,8 juta penumpang setiap harinya.

MTR Corp sendiri merupakan perusahaan sistem transportasi metro yang diklaim memiliki keuntungan terbanyak di dunia, di mana total pemasukannya pada 2017 sendiri sebanyak HK$ 55,4 miliar (setara dengan Rp 104 triliun).

“AlipayHK sangat senang karena telah memenangkan penawaran untuk pembayaran QR Code MTR. Ini terjadi bukan karena kami memiliki stabilitas teknologi, tetapi kami juga percaya diri karena teknologi QR Code dalam transportasi nantinya akan bisa diekspansi ke lebih banyak aspek,” ujar Chief Executive AlipayHK Jennifer Tan.

AlipayHK sendiri merupakan perusahaan joint venture antara perusahaan konglomerat CK Hong Kong Hutchison Holding dengan Ant Financial, yang merupakan perusahaan afiliasi dari raksasa e-Commerce asal Tiongkok, Alibaba.

Tan sendiri mengklaim kalau AlipayHK akan terus mengeksplor lebih banyak solusi untuk smart mobility dalam bertransportasi dan juga travel.

Pihak MTR tak mengungkap berapa jumlah penawar yang terlibat dalam proses tender yang diadakan sejak Mei 2018 tersebut.

 

Alasan AlipayHK Terpilih

Jeny Yeung, Commercial Director MTR, mengakui alasan AlipayHK terpilih karena memang teknologi dan kecepatan yang ditawarkan perusahaan benar-benar diandalkan.

“Kami ingin penyedia (solusi pembayaran QR Code) harus memastikan kecepatan dari sistem pembayaran yang ditawarkan itu sama dengan Octopus,” ujar Yeung.

“Kami ingin sebuah pergerakan baru dengan opsi pembayaran mudah untuk penumpang, apalagi kini banyak penumpang yang suka menggunakan pembayaran non tunai,” tandasnya.

Nantinya, akan ada 1.000 gerbang yang akan terinstal dengan QR Code.

AlipayHK mengungkap setup QR Code ini akan mendukung solusi dual offline, jadi jika layanan internet bermasalah atau terganggu, transaksi akan tetap berjalan lancar tanpa adanya hambatan.[]

Advertisement
Advertisement