September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tanda-Tanda itu Ada, Usai Gempa Malang, Pakar Ingatkan Potensi Gempa 8,7 SR dan Tsunami di Selatan Jawa

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA –  Gempa berkekuatan 6,7 SR yang terjadi di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur Sabtu (11/04/2021) menimbulkan potensi gempa yang lebih besar hingga tsunami.

Hal tersebut diungkapkan pakar gempa Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano. Menurutnya kemungkinan terburuk gempa tersebut berkekuatan 8,7 SR dan berpotensi tsunami.

Untuk itu, dirinya Irwan pun lantas meminta masyarakat mewaspadai potensi dan risiko terjadinya gempa besar ini dengan mempersiapkan jalur evakuasi ke daerah yang dianggap aman, terutama di ketinggian.

“Sudah selayaknya kita persiapkan lebih baik lagi,” ujar Irwan Meilano seperti melansir suara.com.

Irwan menyinggung adanya peningkatan aktivitas gempa di kawasan selatan Jawa Timur, dalam lima tahun terakhir.

Menurut Irwan, hal itu senada dengan apa yang pernah disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Menjadi Kawasan Paling Parah Terdampak Gempa, 1.285 Rumah di Kecamatan Ampel Gading Rusak Parah

Dwikorita kala itu, kata Irwan, menyampaikan adanya peningkatan aktivitas gempa di selatan Jawa Timur menimbulkan potensi gempa yang lebih besar maupun tsunami.

“Kemungkinan terburuk bisa terjadi gempa berkekuatan di atas 8. Atau tepatnya 8,7 skala Richter, dan juga berpotensi tsunami di selatan Jawa Timur,” ungkap Irwan. []

Advertisement
Advertisement