September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tanpa Perlu “Nyogrok” Hidung, Jika Disetjui, Alat Tes Corona Buatan Singapura Bisa Bekerja Dalam Semenit

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Menurut pernyataan dari Universitas Nasional Singapura, tes napas yang dirancang untuk mendeteksi Covid-19 dan memberikan hasil yang akurat dalam satu menit telah disetujui untuk digunakan di Singapura.

Alat tersebut dikembangkan Breathonix Pte Ltd, sebuah perusahaan spin-off dari National University of Singapore (NUS). Sistem Tes Napas BreFence Go Covid-19 merupakan sistem analisis napas pertama yang mendapatkan otorisasi sementara di Singapura .

Lantas, bagaimana cara perangkat Breathonix berfungsi?

Seperti menukil Times Now News, perangkat Breathonix bekerja dengan mendeteksi Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada dalam napas yang dihembuskan seseorang. VOC sendiri diproduksi berbagai reaksi biokimia dalam sel manusia.

Karena tanda VOC dari pernapasan orang sehat berbeda dari orang yang sakit, perubahan VOC dapat diukur sebagai penanda penyakit seperti Covid-19.

Tes napas sendiri dipilih karena mudah dilakukan oleh petugas profesional yang tidak perlu menjadi staf yang terlatih secara medis atau pemrosesan laboratorium.

Seseorang hanya perlu meniup ke corong katup satu arah sekali pakai yang terhubung ke pengambil sampel napas presisi tinggi.

Napas yang diembuskan dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam spektrometer massa mutakhir untuk pengukuran. Lalu, algoritma perangkat lunak berpemilik menganalisis penanda biologis VOC dan menghasilkan hasil dalam waktu kurang dari satu menit.

Setiap individu yang disaring positif harus menjalani uji usap Covid-19 Polymerase Chain Reaction (PCR).

Tes Breathonix sejauh ini telah menjalani tiga uji klinis, dua di Singapura dan satu lagi di Dubai. Alat ini mencapai sensitivitas 93% dan spesivisitas 95% dalam satu studi percontohan awal berbasis di Singapura yang melibatkan 180 pasien. []

 

Advertisement
Advertisement