May 29, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tempat Tempat Berdoa Saat Sholat

2 min read

JAKARTA –  Doa merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah Ta’ala. Saking dicintainya, Allah Ta’ala memerintahkan agar kita meminta langsung kepada-Nya tanpa melalui perantara, seperti sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Jika engkau berdoa maka mintalah, berdoalah langsung kepada Allah”. (HR. Tirmidzi no. 2516, hadis ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahumallah.

Mengutip almanhaj.com, dalam sebuah hadis yang shahih, dari an-Nu’man bin Basyir Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Berdo’a adalah ibadah”.

Dan Rabbmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” [Al-Mu’min/40:60].

Dikutip dari aihijroh.com, Ibnul Qoyyim Rohimahullah mengatakan bahwa ada 7 tempat berdoa di dalam salat. (Lihat Zaadul Ma’ad hal. 248-249/I terbitan Mu’asasah Risalah, Beirut, Cetakan Tahun 1428 H/2007M).

Adapun tempat dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berdoa di dalam salatnya adalah:

 

  1. Setelah takbiratul ihram pada tempat dibaca doa istiftah.
  2. Sebelum rukuk dan setelah membaca surat pada salat witir, ketika qunut pada salat subuh yaitu sebelum rukuk (jika hadis tentang ini shahih). Karena hal ini masih perlu dikaji.

 

  1. Setelah berdiri tegak dari rukuk

Hal ini sebagaimana terdapat dalam Shahih Muslim dari periwayatan ‘Abdullah bin Abu Aufa Rodhiyallahu ‘anhu.

Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya jika mengangkat kepalanya dari rukuk (bangkit dari rukuk) mengucapkan Ya Allah, segala pujian bagimu sepenuh langit dan bumi serta sepenuh sesuatu yang Engkau kehendaki setelah itu. Ya Allah, bersihkanlah aku dengan es, embun dan air yang dingin. Ya Allah bersihkanlah aku dari dosa-dosa dan kesalahanku sebagaimana dibersihkannya baju yang putih dari kotoran” (HR. Muslim no. 476, 1067).

 

  1. Ketika rukuk

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengucapkan,

“Maha suci Engkau Ya Allah, Robb kami, untukmulah segala pujian. Ya Allah ampunilah aku” (HR. Bukhori no. 794 dan Muslim no. 1085).

 

  1. Ketika sujud

Inilah mayoritas doa beliau ketika salat.

  1. Di antara dua sujud
  2. Setelah tasyahud sebelum salam

 

Hal ini Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan Fadholah bin ‘Ubaid (HR. Abu Dawud 1481, Tirmidzi 2477. Hadis ini dinilai Shahih oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Demikian juga hadis ini dinilai shohih oleh Al Albani Rohimahumullah.)  []

Advertisement
Advertisement