May 29, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jaga Anak Jangan Dibiarkan Keluar Saat Maghrib

2 min read

JAKARTA – Menahan anak-anak agar tidak keluar rumah pada awal waktu maghrib, akan menjaga mereka dari setan-setan yang berkeliaran pada waktu tersebut. Begitu pun juga dengan menutup pintu dan menyebut nama Allah SWT saat menutupnya.

Berapa banyak anak atau rumah yang dikuasai setan pada waktu ini sementara penghuninya tidak menyadarinya. Sungguh besar perhatian Islam kepada anak-anak dan rumah-rumah kita.

Dikutip dari Dream.co.id, di dalam kitab Shahih Al-Bukhari terdapat riwayat hadis yang menjelaskan bahwa:

Dari Jabir bin Abdillah r.a. ia memarfu’kannya (kepada Rasulullah SAW.) berkata, “ Tutuplah bejana-bejana, tempat-tempat minum, pintu-pintu, tahanlah anak-anak kecil kalian (di rumah) hingga Isya’, karena sungguh jin bertebaran dan dapat menculik, dan matikanlah lampu-lampu ketika hendak tidur, karena fuwaisiqah (tikus kecil) terkadang menyenggol sumbu dan bisa membakar pemilik rumah (isi rumah).” (HR. Al-Bukhari).

Riwayat Jabir bin Abdillah r.a. tersebut berhukum marfu’, artinya hadis ini pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW secara langsung.

Dikutip dari Republika.co.id, berdasarkan hadis Jabir bin Abdullah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam mulai datang, atau datang waktu sore kepada kalian, maka tahanlah anak-anak kalian, karena setan berkeliaran pada saat itu. Jika sesaat waktu malam sudah berlalu, maka biarkanlah. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR Bukhari)

Dalam riwayat Muslim pun dijelaskan dalam hadis, “Jangan kalian melepaskan hewan-hewan ternak kalian dan anak-anak kalian jika matahari telah terbenam sampai hilang kegelapan isya. Karena setan-setan berkeliaran jika matahari telah tenggelam sampai hilang waktu isya.”

Imam an-Nawawi berkata, “Maksud ‘tahanlah anak-anak kalian’ adalah jangan biarkan mereka keluar rumah pada waktu itu. Sabdanya, “Sesungguhnya setan berkeliaran.” Maksudnya adalah jenis setan. Artinya, dikhawatirkan anak-anak pada waktu itu terkena gangguan setan, karena banyaknya setan pada saat itu.

Berdasarkan penjelasan teks hadis di atas, maka sebenarnya larangan anak-anak keluyuran ketika malam hari adalah anjuran agama.

Selain disebabkan waktu petang adalah waktu bertebarannya jin dan setan, waktu petang juga adalah waktu diselenggarakannya salat magrib. Maka, sangat tepat sekali jika orang tua menyuruh anak-anaknya pulang agar terkontrol pelaksanaan salat wajibnya dengan baik. Wallahu a’lam. []

Advertisement
Advertisement