May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Terjadi Erupsi, Sejumlah Objek Wisata di Kawasan Merapi Ditutup

1 min read

JAKARTA – Imbas Gunung merapi yang terus memuntahkan awan panas guguran (APG), Balai Taman Nasional Gunung Merapi pun menutup tiga tempat wisata yang berdekatan dengan Merapi.

Tiga tempat wisata itu yakni wisata alam Jurang Jero, Tlogo Muncar, dan Kalikuning-Plunyon.

Penutupan dilakukan mulai hari ini, Minggu (12/3/2023) hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Pengumuman penutupan tiga objek wisata alam di lingkup Balai Taman Nasional Gunung Merapi disampaikan di Instagram @btn_gn_merapi.

Informasi penutupan ini juga tertuang dalam surat pengumuman bernomor: PG.04/BTNGM/TU/Ren/03/2023 tentang Penutupan Objek Wisata Alam (OWA) di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi.

”Sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Merapi, maka kami sampaikan aktivitas objek wisata alam Jurang Jero, Tlogo Muncar, dan Kalikuning-Plunyon ditutup sementara terhitung 12 Maret 2023,” tulis @btn_gn_merapi.

Berdasarkan siaran pers Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) No: B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 tanggal 11 Maret perihal Aktivitas Gunung Merapi Terkini 11 Maret 2023 bahwa dengan adanya erupsi Gunung Merapi pada tanggal 11 Maret 2023 telah disampaikan bahwa status Gunung Merapi masih berada pada tingkat Siaga (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5-7 km.

Surat tersebut ditandatangani Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Muhammad Wahyudi, Minggu (12/3/2023). []

 

 

Advertisement
Advertisement