May 26, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ternyata LIHKG yang Digunakan Warga Hong Kong Untuk Berkoordinasi Lakukan Aksi Masa

4 min read

HONG KONG –  Demonstran Hong Kong menggunakan forum internet LIHKG untuk menyerukan aksi dan mengumpulkan massa. Satu seruan aksi yang diunggah di LIHKG mengajak warga untuk mogok kerja dan meminta pegawai publik, kereta dan jasa layanan umum, untuk berhenti bekerja demi menekan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.

“Hentikan pekerjaan, kamu mungkin kehilangan pekerjaan. Tetapi jika Anda tidak menghentikan pekerjaan, Anda akan kehilangan Hong Kong dan rumah Anda! Kebebasan tidak gratis, saya mohon, mari pulihkan Hong Kong,” bunyi seruan, seperti dikutip dari South China Morning Post, 9 Agustus 2019.

LIHKG sering dijuluki “Hong Kong Reddit”, dan telah muncul sebagai salah satu pusat komando virtual dari gerakan yang tanpa pemimpin, untuk memprotes RUU Ekstradisi.

Di forum internet ini, warga berdiskusi tentang di mana membeli perlengkapan demo atau pesan-pesan propaganda.

City Weekend mengulas mengapa LIHKG begitu populer di Hong Kong, bagaimana platform online telah berkembang selama bertahun-tahun dan bagaimana akhirnya menjadi salah satu platform media sosial terkemuka untuk protes Hong Kong.

 

Apa itu LIHKG?

Didirikan pada tahun 2016, LIHKG adalah situs forum berita yang berbasis di Hong Kong. Situs ini dibentuk oleh pencipta forum HKG + yang sekarang tidak berfungsi, yang dulunya berafiliasi sebagai aplikasi pihak ketiga dengan situs forum lokal lainnya HKGolden.

Setelah HKG + dilarang oleh HKGolden pada tahun yang sama, popularitas LIHKG melonjak dan menggantikan HKGolden sebagai situs tujuan bagi warga Hongkong untuk membahas konten politik.

LIHKG sering dibandingkan dengan Reddit, sebuah situs forum Amerika di mana pengguna membuat unggahan dan mengirimkan berbagai konten melalui subreddits yang relevan yang mengkategorikan unggahan ke dalam bagian yang berbeda. LIHKG memiliki subforum serupa dengan topik spesifik terkait makanan, teknologi, kencan dan banyak lagi.

Tidak seperti Reddit, warga Hong Kong umumnya lebih suka tetap menggunakan LIHKG karena unggahan didominasi oleh bahasa asli mereka, bahasa Kanton. Subreddit kota, r / HongKong terdiri dari sekitar 90.000 pelanggan yang sebagian besar adalah ekspatriat, turis, atau penduduk lokal yang nyaman menggunakan bahasa Inggris.

Sejak krisis RUU Ekstradisi pecah, sub-reddit terkadang mengunggah ulang informasi yang diterjemahkan dari LIHKG untuk penutur non-Cina.

 

Bagaimana LIHKG menjadi platform utama bagi gerakan anti-ekstradisi?

Para pengunjuk rasa dapat menggunakan LIHKG untuk mengajak lebih banyak orang turun ke jalan dan meminta persediaan untuk membantu mereka yang berada di garis depan.

“Jika saya sampai di sana pada jam 7 malam, apakah ini sudah terlambat?” Tanya salah satu pengguna.

“Tidak, tidak, kita benar-benar membutuhkan orang di jalanan,” jawab yang lain.

Unggahan dapat dipilih naik atau turun oleh anggota komunitas lainnya. Mereka berpotensi mendapatkan ratusan atau ribuan upvote dan komentar, membuatnya lebih cenderung muncul di halaman depan forum.

Meskipun LIHKG sebagian besar adalah lokal, pengguna dapat mencoba untuk menyebarkan apa yang telah mereka bagikan melalui LIHKG kepada audiens internasional. Seorang pengguna pernah membuat unggahan yang mendesak orang lain untuk menerjemahkan meme dan membagikannya di saluran meme Reddit yang populer. Beberapa meme ini muncul di subreddits yang sangat sering dikunjungi seperti r / dankmemes dan r / funny.

Forum ini juga digunakan untuk crowdfunding, seperti menyerukan para pemimpin dunia untuk mengatasi krisis RUU Ekstradisi selama KTT G20.

Pada 25 Juni, surat terbuka yang ditulis oleh pengunjuk rasa diiklankan di surat kabar termasuk Financial Times dan The New York Times. Berkat pengaruh LIHKG, hampir HK$ 5,5 juta dihimpun oleh 22.066 aktivis, 82 persen lebih banyak dari jumlah yang ditargetkan.

 

Bagaimana pengguna dapat tetap anonim di LIHKG?

LIHKG adalah tempat yang aman bagi orang-orang yang mungkin takut berbicara di dunia nyata, tetapi masih ingin menyerukan kebebasan dan tetap aktif secara politik.

Akun hanya dapat dibuat dengan alamat email yang disediakan oleh penyedia layanan internet atau lembaga pendidikan tinggi, yang berarti pengguna tidak dapat menyembunyikan identitas mereka dari LIHKG. Namun forum tidak mengharuskan pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi apa pun, termasuk nama mereka, sehingga mereka dapat tetap anonim. Pihak berwenang masih bisa mencoba dan mendapatkan informasi ini melalui surat perintah pencarian.

Banyak yang masih merasa ini adalah alternatif yang lebih aman untuk HKGolden, terutama setelah administrator situs dipaksa untuk menyerahkan alamat IP pengguna berusia 23 tahun kepada pihak berwenang. Pengguna telah membuat unggahan yang mendorong orang untuk menyerang polisi dan memblokir stasiun MTR selama gerakan Pendudukan pro demokrasi 2014.

Sementara HKGolden adalah forum utama yang digunakan selama Occupy, HKGolden sejak itu telah membatasi konten politik di situsnya, menyebabkan pengguna tertarik pada LIHKG.

 

Apakah ada risiko menggunakan LIHKG?

Banyak situs web populer yang didukung oleh Cloudflare, termasuk LIHKG, ditutup secara misterius pada 2 Juli, sehari setelah badan legislatif Hong Kong diserbu dan dihancurkan oleh pengunjuk rasa.

Serangan siber dari Cina daratan pada awalnya dianggap di balik pemadaman listrik, tetapi Cloudflare sejak itu mengklarifikasi mereka karena masalah internal.  Administrator membuat akun Twitter sehari setelahnya sebagai cara alternatif bagi pengguna untuk mengakses konten LIHKG.

Metode protes yang lebih radikal juga dapat memecah pengguna LIHKG. Sebelum pengepungan 15 jam markas besar polisi di Wan Chai pada 21 Juni, ada argumen yang menentang penyerbuan ke kantor polisi.

“Kita bisa kehilangan segalanya jika kita menyerbu masuk. Mari kita melindungi diri kita sendiri dan tidak menciptakan keretakan di antara kita. Tetap tenang,” bunyi satu posting.

Yang lain mengatakan, “Kita perlu meminimalkan dampak pada warga sipil untuk menghindari kehilangan dukungan publik.”

LIHKG juga merupakan lahan subur bagi orang-orang yang tidak mendukung gerakan menentang RUU Ekstradisi. Seorang petugas polisi mendapati dirinya menjadi sasaran ejekan publik ketika nama dan fotonya bocor, bersama dengan percakapan pribadi Tinder yang meminta bantuan seksual di kantor polisi.

Hasil percakapan kemudian ditampilkan di beberapa tempat yang disebut Lennon Walls, kolase warna-warni dari catatan Post-it dengan pesan-pesan yang bermunculan di seluruh Hong Kong.

LIHKG juga telah meningkatkan rasa kebersamaan di antara warga Hongkong. Misalnya, frasa “Jadilah air, temanku”, yang awalnya dikatakan oleh legenda seni bela diri Bruce Lee, telah menjadi mantra bagi para pengunjuk rasa, yang telah mengambil pendekatan yang cair untuk aksi unjuk rasa mereka.

Ungkapan tersebut telah dipopulerkan pada LIHKG sebagai cara untuk memberikan dorongan dan menyatukan warga Hong Kong. []

Advertisement
Advertisement