October 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Terus Berjuang Memerdekakan PMI, BP2MI Diapresiasi DPR RI

2 min read

JAKARTA – Setumpuk persoalan yang melingkupi pekerja migran di berbagai tahapan hingga saat ini masih menjadi permasalahan krusial untuk benar-benar mendapat jalan keluar.

Kerja keras dan solid dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), yang dipimpin Benny Rhamdani, mendapat dukungan publik. Bagaimana tidak, Benny dinilai telah berhasil membuat Pekerja Migran Indonesia (PMI) merdeka. Terlepas dari beban berat yang selama ini menyandera mereka sebelum berangkat ke negara penempatan.

Dinukil dari Warta Ekonomi, salah satu yang mendukung dan mengapresiasi BP2MI adalah Masinton Pasaribu, SH. Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu menilai perjuangan Benny memimpin BP2MI berhasil. Benny menang dalam negosiasi bersama pihak pemerintah Taiwan untuk urusan penempatan PMI.

“Pak Benny berhasil. Memperjuangkan penghapusan biaya fee agenda dan merundingkan, bernegosiasi hingga gaji PMI Taiwan naik, yang dilakukan negara melalui BP2MI ini patut diapresiasi. Upaya-upaya memaksimalkan pemasukan terhadap negara yang layak disupport kita semua,” kata Masinton, Legislator Daerah Pemilihan Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan Di Dapil Luar Negeri ini, Senin, (15/08/2022).

Politisi Partai Demokrasi Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu menyebut Benny yang telah bekerja maksimal untuk kepentingan PMI. Dalam perjuangan memenangkan kepentingan PMI, BP2MI dinilai dapat secara efektif meminimalisir pengeluaran yang selama ini menjadi beban PMI.

“Memaksimalkan, baik itu penerimaan yang diterima dari PMI, hingga pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Memberatkan PMI kita di Taiwan, BP2MI telah bekerja keras memerdekakan PMI kita,” tutur Masinton, Anggota Komisi Bidang Keuangan, Perbankan dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara ini.

Hal senada disampaikan, Christina Aryani, SH wakil rakyat Komisi I DPR RI, Senin, (15/8/2022), mengatakan apa yang dilakukan BP2MI membuktikan bahwa negara hadir untuk seluruh rakyatnya. Menurut Christina BP2MI konsisten memacu kerjanya demi kemajuan kesejahteraan bagi PMI.

“Saya mengatakan bahwa kita layak dan pantas memberi dukungan penuh atas perjuangan BP2MI. Dimana Pak Benny tanpa henti berjuang, bekerja demi nasib PMI. Berbagai program dijalankan, kebijakan dikeluarkan dan berpihak pada PMI. Inilah yang layak kita apresiasi. Ingat sindikat penempatan ilegal PMI adalah musuh kita semua. BP2MI, tidak sendiri, DPR juga bersama dalam perjuangan ini,” tutur Christina.

Tidak hanya itu, Christina memberi motivasi kepada PMI Taiwan yang akan diberangkatkan ke negara penempatan. PMI harus bekerja keras, dan bisa berdiri sendiri. Bekerja di Luar Negeri merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh PMI.

“Ketika kembali ke Indonesia, kalian membawa pengalaman, jejaring baru di Indonesia. Punya usaha sendiri, menjadi mandiri. Ini luar biasa. Kesempatan dan peluang kalian sangat besar di negara penempatan,” tutur Christina, anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini.[]

Advertisement
Advertisement