July 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tiba di Kampung Halaman, Jenazah PMI Asal Jember yang Menjadi Korban Pembunuhan Dimakamkan

1 min read

 

SURABAYA – Setelah menunggu sekian waktu lamanya, akhirnya jenazah pekerja migran Indonesia asal Jember, Windri Nur Fadila (18) pada Minggu (04/02/2024) kemarin telah tiba di rumah duka, di Desa/Kecamatan Jenggawah Jember Jawa Timur.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember Suprihandoko membenarkan hal tersebut.

“Jenazah PMI asal Jember yang menjadi korban pembunuhan sudah dipulangkan ke rumah duka dan langsung dimakamkan di TPU di sekitar rumah duka pada Minggu (4/2),” kata Suprihandoko.

Menurutnya jenazahnya tiba di Bandara Juanda Surabaya pada Minggu (4/2) pukul 13.15 WIB, kemudian Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) memfasilitasi pemulangan jenazah dari Surabaya menuju rumah duka di Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.

“Jenazah kemudian diserahkan kepada pihak keluarga yang diwakili oleh kakak kandung korban dengan disaksikan oleh Camat dan Muspika Kecamatan Jenggawah,” tuturnya.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, lanjut dia, almarhum Windi telah bekerja di Malaysia selama kurang lebih delapan bulan sebagai cleaning service melalui jalur yang tidak prosedur atau ilegal.

“Kami berkali-kali memberikan imbauan kepada warga Jember yang ingin bekerja di luar negeri seharusnya menggunakan jalur prosedur, sehingga ketika ada persoalan maka pemerintah bisa membantu mengatasinya,” katanya.

Terkait dengan pelaku pembunuhan itu, Suprihandoko mengatakan pihaknya mendapatkan kabar bahwa korban Windi diduga dibunuh oleh teman pria nya berinisial MJ yang juga warga Desa/Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.

“Pelaku juga dikabarkan meninggal dunia karena melawan dan membahayakan petugas saat ditangkap aparat kepolisian Malaysia, namun kami belum menerima informasi kapan jenazah pelaku dipulangkan ke Jember,” ujarnya. []

Advertisement
Advertisement