January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tiga Doa yang Mustajab Dipanjatkan Usai Sholat Subuh

2 min read

JAKARTA – Doa merupakan senjata bagi seorang muslim. Orang yang tidak mau berdoa, dinilai oleh agama sebagai orang yang sombong dan angkuh.

Secara umum, tidak ada doa yang khusus setelah sholat subuh, akan tetapi biasanya Nabi Muhammad dan para sahabat membaca doa-doa berikut ini, diantaranya:

 

1)  Doa Sayyidul Istighfar

Membaca sayyidul istighfar sebagai amalan setelah sholat subuh akan membuat umat muslim masuk ke dalam surga setelah meninggal.

Doa sayyidul istighfar ini dianjurkan untuk dibaca secara rutin setelah sholat subuh dan menjelang pagi.

Waktu terbaik untuk membaca doa ini adalah pada saat dzikir pagi dan petang. Bagi yang membaca pada pagi atau siang dan meninggal sebelum malam, maka ia akan masuk surga.

Sementara itu, bagi yang membaca pada malam hari dan meninggal sebelum subuh juga akan masuk surga.

Sayyidul istighfar merupakan salah satu doa yang dapat menjadi jalan menuju akhirat yang penuh kebahagiaan serta terhindar dari api neraka.

Oleh karena itu, umat muslim sebaiknya membaca doa ini dengan penuh keyakinan secara rutin agar memperoleh keutamaannya.

 

2)  Doa Meminta Keberkahan

Salah satu keutamaan sholat subuh adalah rezeki menjadi berkah. HR Ahmad dan Ibnu Majah meriwayatkan hal tersebut dalam sebuah hadist.

Doa tersebut membahas tentang permintaan kepada Allah Swt. atas rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat, serta amal yang dapat diterima.

Jumlah harta tidak selamanya menjadi tolak ukur ketenangan jika dalam proses pencariannya bertentangan dengan perintah Allah Swt.

Sebaliknya, meskipun dalam jumlah sedikit, jika prosesnya benar, maka akan menjadi berkah yang akan membuat hidup menjadi lebih bahagia dan tenang.

 

3)  Doa Memohon Rezeki yang Halal

Berbagai macam cara yang digunakan manusia untuk mendapatkan rezeki, baik halal maupun haram.

Rezeki haram biasanya lebih mudah didapatkan dan juga lebih cepat habis. Akan tetapi, rezeki yang halal justru akan mendatangkan rezeki lain yang lebih banyak.

Memohon untuk mendapatkan rezeki yang halal juga dapat dilakukan setelah mendirikan sholat subuh.

Dalam hadist riwayat Tirmidzi tertulis doa yaitu, meminta kecukupan rezeki yang halal dan dijauhkan dari yang haram. Sesungguhnya Allah Swt. adalah tempat bergantung.

Segala sesuatu terjadi atas kehendak Sang Pencipta, termasuk rezeki. Meskipun cara mendapatkan rezeki halal tergolong sulit atau bahkan sangat sulit, percayalah bahwa Allah SWT tidak pernah salah dalam memberi rezeki.

Bersabar, berusaha, hingga nanti Allah akan memberikan sesuai keinginan. Wallahu A’lam.[]

Sumber Islamic Base

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply