April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Untuk PMI, BP2MI Akan Jalankan Sembilan Program Prioritas di 2024

2 min read

JAKARTA –  Badan Pelindungan Pekerja Indonesia (BP2MI) lanjutkan hari kedua Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Tahun 2024 dengan pembahasan program kerja sesuai dengan 9 Program Prioritas BP2MI di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (17/1/2024). Pembahasan dilakukan oleh kelompok kerja yang dibagi menjadi tiga berdasarkan kawasan dan wilayah binaannya.

Tiap Kelompok Kerja dipimpin oleh Ketua Persidangan, yaitu Deputi masing-masing kawasan. Kelompok Kerja I dipimpinan Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Lasro Simbolon. Kelompok Kerja II dipimpin oleh Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, A. Gatot Hermawan. Kelompok Kerja III dipimpin oleh Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, I Ketut Suardana.

Deputi Ketut dalam pembukaan diskusi mengungkapkan bahwa Kelompok Kerja dibentuk untuk mengidentifikasi masalah untuk menyusun usulan program kerja Tahun Anggaran 2024 dengan acuan 9 (Sembilan) Program Prioritas BP2MI.

“Kelompok Kerja ini akan membahas Inwards dan Outwards Looking Evaluation Tahun 2024. Hasil pembahasan ini akan menjadi Rekomendasi dan Strategi Pencapaian Agenda Prioritas Tahun 2024 Berdasarkan Inwards and Outwards Looking Evaluation,” ungkap Deputi Ketut.

Hal yang sama pula diungkapkan oleh Deputi Lasro dan Deputi Gatot dalam tiap-tiap kelompok kerja.

Adapun Kelompok Kerja I dengan Ketua Persidangan Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika dan peserta daerah dari BP3MI D.I. Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, dan Sulawesi Tengah. Sedangkan peserta pusat terdiri dari Direktur di Kawasan Asia dan Afrika, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM), perwakilan Biro Hukum dan Humas, serta perwakilan Biro Keuangan dan Umum.

Untuk Kelompok Kerja II dengan Ketua Persidangan Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik dan peserta daerah dari BP3MI Bali, D.I. Yogyakarta, NTT, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Sedangkan peserta pusat terdiri dari Direktur di Kawasan Amerika dan Pasifik, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Kepala Pusat Data dan Informasi, perwakilan Biro Hukum dan Humas, serta perwakilan Biro Keuangan dan Umum.

Lalu Kelompok Kerja III dengan Ketua Persidangan Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah dan peserta daerah dari BP3MI DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Utara, NTB, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan. Sedangkan peserta pusat terdiri dari Direktur di Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Kepala Biro Keuangan dan Umum, Kepala Biro Hukum dan Humas, perwakilan Biro SDMO, serta perwakilan PPSDM.

Selain itu, dalam pembahasan ini juga melibatkan Satgas Sikat Sindikat untuk menentukan program kegiatan selama setahun ke depan.

Masing-masing kelompok kerja membahas tiap poin substansi dari 9 Program Prioritas BP2MI dalam tiga sesi yang berlangsung selama dua hari. Di akhir sesi, tiap kelompok kerja menghasilkan rumusan hasil rakernis dalam bentuk program kebijakan. Rangkaian rakernis ini akan ditutup pada Kamis (18/1/2024). []

Advertisement
Advertisement