January 23, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Usai Jalani Perawatan Karena Depresi, PMI Asal Tulungagung Dipulangkan

2 min read
Prime Banner

TULUNGAGUNG – Chusnul Khotimah, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal RT 03 RW 01 Dusun Jati Desa Bendiljati Kulon, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa-Timur dipulangkan ke kampung halamannya usai menjalani perawatan karena alami depresi.

Mengutip Kongkrit.com, Rakidi, Sekcam Kecamatan Sumbergempol membenarkan informasi tersebut. Menurut penuturannya, awalnya pemerintah Tulungagung mendapat informasi melalui sosial media, kemudian ditindaklanjuti petugas dan akhirnya terhubung dengan keluarga.

“Alhamdulillah tadi sudah bisa tersambung dengan pihak keluarganya.Dan malam ini pihak keluarga dalam perjalanan menjemput yang bersangkutan di bandara Juanda Surabaya,” terang Rakidi.

Awas, Gangguan Tidur Bisa Memicu Depresi dan Bunuh Diri

Sementara itu Kabid Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja dan Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung Trining Rahayu menjelaskan jika PMI atas nama Chusnul Khotimah (29) yang berasal dari desa Bendiljati Kulon merupakan PMI resmi serta dari pihak perusahaan yang memberangkatkan ke Taiwan bertanggungjawab penuh dan siap menjemput.

“Kami sudah menerima surat pemberitahuan dari KBRI ,sedangkan dari pihak PT yang memberangkatkan juga bertanggungjawab, sekaligus nanti kita akan monitor untuk pengajuan asuransinya di BPJS ketenaga kerjaanya agar mendapatkan sesuai haknya yang bersangkutan,” jelas Trining.

Kecewa Calon Suami Harus Menjadi Menantu, PMI Hong Kong Asal Pacitan Jiwanya Sampai Terguncang

Trining juga menegaskan jika seorang PMI yang pemberangkatannya melalui secara resmi dan tercatat itu lebih mudah pengurusannya. Untuk itu pihaknya menghimbau jika ingin menjadi PMI agar melalui jalur resmi.

“Kami himbau kepada calon PMI agar melalui jalur yang resmi agar terlindungi. Keluarga yang dirumahpun juga bisa tenang,” tutupnya. []

Pulang Dari Hong Kong, L N Q Dalam Kondisi Depresi Dan Hamil

Advertisement
Advertisement