April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Video Call dengan Ganjar Disambut Histeria 1.500-an Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong

3 min read

HONG KONG – Sambungan telepon lewat video call dengan Calon Presiden Ganjar Pranowo disambut histeria oleh 1.500-an pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, Minggu (4/2/2024).

Mereka memang sengaja berkumpul untuk menggelar puncak kampanye akbar paslon Ganjar-Mahfud di Harbour Causeway Bay, Hong Kong. Dari laptop yang dipakai untuk video call, Ganjar tampak tersenyum sambil terus melambaikan tangan dan berucap terima kasih.

Laptop kemudian disorongkan bergiliran untuk memberi kesempatan kepada kerumunan massa itu menyapa capres dukungan mereka dengan lambaian tangan atau salam tiga jari.

Bahkan, ada satu perwakilan PMI yang beroleh kesempatan menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Ganjar terkait pentingnya perlindungan terhadap PMI.

Dengan perlindungan yang baik, setiap PMI akan siap mendukung program Ganjar-Mahfud, yakni: satu keluarga miskin, menghasilkan satu sarjana, lewat anak yang orangtuanya bekerja di luar negeri.

Dari layar video di Jakarta, Ganjar terlihat semringah. Tidak menduga mendapat dukungan yang begitu luas dari masyarakat Indonesia di Hong Kong. “Ini menjadi pemacu semangat kami dan teman-teman di negara lain untuk berjuang dan insyaallah menang dalam pemilu nanti,” ucap Ganjar.

 

Tidak Sekadar Hip Hip Hura

Diawali dengan flashmob, pagelaran seni budaya, dan salawatan, kampanye akbar di negara bekas koloni Inggris ini juga dihadiri komedian Cak Lontong, pegiat media sosial Mazdjo Pray, dan perwakilan relawan SIGAP (Simpatisan Ganjar Pranowo) Aldi Rizky Agustian.

“Kita mendukung Ganjar-Mahfud tidak sekadar dengan hip hip hura, tapi dengan bersungguh-sungguh memenangkannya dalam pilpres dengan mencoblos nomor tiga,” kata Michael Cheng, Ketua Tim Pemenangan Luar Negeri (TPLN) Ganjar-Mahfud Hong Kong.

Sementara, Aldi Rizky yang juga hadir sebagai Juru Kampanye Muda Tim Pemenangan Nasional (TPN), mengaku salut atas militansi PMI Hong Kong — yang mayoritas perempuan dan muda usia itu — dalam mendukung Ganjar-Mahfud. Militansinya bahkan mengalahkan banyak pendukung di Indonesia.

“Mas Ganjar lahir dari keluarga sederhana, bahkan sulit secara ekonomi. Tetapi gairah (passion) dan hasil dari kerja keras Mas Ganjar membuat kita tidak ragu mengatakan, Mas Ganjar adalah presiden rakyat sejati. Kenapa? Karena berpihak kepada rakyat, kepada wong cilik” ujar Aldi, disambut pekik riuh peserta.

Terpisah, duet Cak Lontong dan Mazdjo Pray juga mengajak masyarakat Indonesia di Hong Kong untuk tidak ragu mendukung paslon Ganjar-Mahfud.

Kata Cak Lontong, saat ini ada yang takut kalah, tapi tidak takut berbuat salah. Dia melakukan apa saja dan menghalalkan segala cara untuk menang.

“Ganjar-Mahfud tidak demikian. Tadi telah dideklarasikan, kita mendukung Paslon 03 untuk menang dengan cara elegan. Meraih kemenangan secara terhormat,” ujar Cak Lontong, sembari terus meneriakkan salam metal, salam untuk menang total.

 

Pemilu di Hong Kong

Kegiatan pemungutan suara sudah berjalan di Hong Kong. Dari jumlah pemilih yang ditetapkan Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI), sebanyak 162.301 surat suara sudah dikirimkan lewat pos sejak 2 – 11 Januari 2024. Per 31 Januari 2024, sekitar 70.000 surat suara sudah kembali dan tercoblos. Sementara yang balik tidak tercoblos mencapai 14.000 surat suara.

Sedangkan yang hendak memberikan suara melalui TPS, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hong Kong akan membuka TPS pada Selasa, 13 Februari 2024, di Gedung KJRI Hong Kong. Para pemilih dipersilakan hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan, sesuai undangan Form C6 dan membawanya ke TPS.

Seluruh surat suara yang masuk akan dihitung pada 14 Februari 2024 untuk yang melalui TPS. Sedangkan yang menggunakan metode pos, penghitungan suara akan dilakukan pada 16-17 Februari 2024. []

Advertisement
Advertisement