Virus Corona Sudah Menjangkit di 16 Provinsi di Indonesia

Prime Banner

JAKARTA – Laju percepatan penyebaran wabah virus corona di Indonesia melenggang dengan cepat. Sejak kali pertama diumumkan oleh Presiden Joko idodo pada 2 Maret 2020 silam, sampai hari ini update data yang dirilis kementrian kesehatan per 19/03/2020 telah menjangkiti 309 kasus dengan 25 orang meninggal dunia.

Dalam keterangan yang di rilis di Pusat Penanganan Penyakit Infeksi Emerging, hingga saat ini vurus corona telah menjangkit di 16 provinsi di Indonesia.

Mengutip Kompas.com, angka penularan COVID-19 di Indonesia berpotensi bertambah secara eksponensial–mengikuti deret ukur yang jumlahnya berangsur membesar dan kemudian tak terkendali–jika tidak ada upaya segera mengurangi laju penyebaran dengan menghilangkan faktor-faktor penting yang dapat memperluas wabah penyakit ini.

Dengan analisis fungsi eksponensial, kami perkirakan–dengan data kasus sejak 2 Maret dan asumsi level penggandaan waktu kasus seperti Iran dan Italia–pada akhir April 2020 akan terdapat 11.000-71.000 kasus COVID-19 di Indonesia.

Angka itu akan tercapai jika penanganan serangan coronavirus di negeri ini masih seperti saat ini: minim sekali informasi lokasi penderita dan kuantitas pemeriksaan penderita, sikap masyarakat kurang peduli untuk meminimalkan kontak antarorang, minimnya sanksi terhadap pelanggaran karantina mandiri, dan minimnya informasi lokasi yang harus dihindari masyarakat. []

You may also like...