May 18, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Virus Corona yang Menginfeksi Klaster Pet Shop Dapat Menular dari Hewan ke Manusia

1 min read
Virus corona varian D427G yang ditemukan pada hamster diduga telah menular ke manusia (Foto Finansial Times)

Virus corona varian D427G yang ditemukan pada hamster diduga telah menular ke manusia (Foto Finansial Times)

HONG KONG – Berawal dari diketahuinya seorang karyawan Pet Shop di Jardine’s Street Causeway Bay positif terinfeksi corona beberapa waktu lalu, membuka tabir selanjutnya, diduga kuat, virus corona yang menginfeksi ribuan hamster di tempat tersebut dapat menular ke manusia.

Profesor Yuen Kwok-yung, pakar Mikrobiologi dari Hong Kong University kemarin (20/01/2022) mengatakan, genom dari virus yang ada di klaster tersebut adalah D427G dimana varian tersebut termasuk dalam mutasi  varian delta yang pertama kali ditemukan di Cheko.

Berdasarkan hasil pemeriksaan labolatorium, virus yang menyebar dari pet shop tersebut merupakan galur baru yang bermutasiyang ditularkan dari hewan ke manusia.

Temuan di pet shop kali ini merupakan yang keempat kalinya yang membuktikan potensi penularan virus corona dari hewan peliharaan ke manusia.

Penelusuran yang dilakukan, diduga kuat virus tersebut berasal dari Belanda, sebagaimana asal kedatangan ribuan hamster di toko itu yang diimpor dari Belanda.

Hasil uji yang dilakukan terhadap hamster si toko tersebut, dari ribuan hamster yang diuji, didapati, 10% diantaranya positif terinfeksi varian tersebut.

Yuen mengingatkan, potensi penularan dari hewan ke manusia, kemudian dari manusia ke manusia dalam klaster ini sangat tinggi. Dan rantai penularan yang bisa dengan cepat terjadi ini potensial menjadi bencana global di Hong Kong, Daratan maupun ke negara-kegara lainnya. []

Advertisement
Advertisement