November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waduh, Di Sulawesi Selatan, Ditemukan Lebih dari Seribu ASN Menerima Bansos Jatah Orang Miskin

1 min read
-

JAKARTA – Terdapat lebih dari 1.000 aparatur sipil negara (ASN) di Sulsel menerima bantuan sosial (bansos) untuk warga miskin.

Adapun bansos yang diterima para ASN itu berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH).

“Di Sulsel itu ada seribu lebih ASN yang menerima PKH, ini data Kemensos,” ujar Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Jon Rende Mangontang, Rabu (24/11/2021).

Saat ini, pihak DPRD Sulsel telah meminta Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel untuk melakukan pengecekan terkait ASN yang terima bansos PKH.

Jon sendiri menduga para ASN bisa menerima bansos karena namanya terdaftar di dalam PHK dan Dinsos tidak melakukan perubahan data.

“Atau ada permainan di dalamnya. Kita mendesak Kepala Dinas Sosial segera minta balai Dinas Sosial untuk mengecek hal ini sehingga kita tahu kabupaten mana saja dan dia ASN di mana,” ujar Jon.

Lebih lanjut, Jon ingin agar pemerintah harus memberikan sanksi tegas jika terbukti ada permainan di dalam penyaluran bansos ke para ASN.

“Tetapi kalau memang ini karena ketidaksengajaan, karena dia dari dulu PKH dan tidak dilakukan pemukatkhiran, maka perlu diperbaiki,” katanya.

Terakhir, Jon juga meminta para ASN yang menerima bansos tersebut agar kiranya mengembalikan apa yang sudah mereka terima kepada negara.

“Totalnya kan 1.000 lebih (ASN terima bansos). Setelah ada tindak lanjutnya, kita akan hearing lagi,” tandasnya. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply